Jerawat mungkin menjadi masalah kulit yang umum dan sering dialami oleh sebagian orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, munculnya jerawat di bagian-bagian tertentu wajah juga bisa dijadikan alat deteksi kesehatan seseorang loh moms. Ini beberapa posisi jerawat di wajah yang bisa dijadikan deteksi adanya masalah kesehatan.

Jerawat di Dahi

Kening mungkin menjadi salah satu daerah yang rentan terkena jerawat karena posisinya yang mudah terpapar minyak di rambut. Tapi munculnya jerawat di kening juga bisa menjadi tanda bahwa moms sedang mengalami masalah kesehatan pada pencernaan dan juga diet yang salah. Area kening dipercaya berhubungan dengan perut dan kantung kemih.

Jerawat di Dahi
baca juga

Jerawat Di Antara Alis

Jerawat yang muncul di antara ke dua alis menjadi pertanda adanya gangguan pada liver. Biasanya jerawat akan muncul pada area ini ketika moms terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol. Jerawat di antara alis juga bisa muncul jika tubuh moms tidak kuat dengan kandungan susu tapi tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung laktosa.

Jerawat Di Antara Alis

Jerawat di Pipi

Meskipun sangat umum ditemui jerawat muncul di pipi, tapi ternyata kemunculan jerawat di pipi bisa menjadi tanda adanya masalah paru-paru loh moms. Dilansir dari liputan6, menurut Emma Hobson, ahli dermatologi dari Australia, jerawat di pipi juga bisa menandakan adanya iritasi pada paru-paru. Bisa jadi karena polusi udara atau juga karena hal lain yang mengganggu kesehatan paru-paru.

Jerawat di Pipi
baca juga

Jerawat di T-Zone

Area T-zone pada wajah yaitu meliputi kening dan hidung. T-zone merupakan area yang paling sensitif terhadap racun, kalau terdapat racun di dalam tubuh maka area ini adalah yang paling pertama bereaksi. Jerawat di T-zone juga bisa menandakan dehidrasi, konsumsi alkohol dan soda yang berlebihan, serta makan makanan yang tidak sehat.

Jerawat di T-Zone

Jerawat di Hidung

Timbulnya jerawat di hidung bisa menjadi indikasi bahwa jantung moms sedang dalam keadaan kurang sehat dan tekanan darah sedang berada di level yang tinggi. Saat jerawat di hidung ini muncul moms sebaiknya memperbanyak olahraga, mengurangi konsumsi junk food, dan menambah porsi buah dan sayuran pada makanan.

Jerawat di Hidung

Jerawat di Telinga

Jarang terjadi tapi jerawat bisa saja muncul di telinga. Jerawat yang muncul di telinga adalah pertanda bahwa tubuh moms sedang mengalami dehidarsi. Oleh sebab itu moms perlu perbanyak konsumsi air putih. Atau jika tidak terlalu suka, moms bisa mengganti asupan cairan dengan buah yang kaya air seperti semangka dan jeruk.

Jerawat di Telinga

Jerawat di Dagu

Ketika memasuki usia remaja, jerawat di dagu menjadi tanda adanya perubahan hormonal pada tubuh. Dan ketika sudah memasuki usia 20 hingga 30-an, munculnya jerawat di dagu menunjukkan adanya masalah pada usus besar, sedang terjadi alergi dalam pencernaan atau alergi terhadap makanan dan cara diet yang salah.

Jerawat di Dagu

Jerawat di Leher

Hampir sama dengan jerawat yang muncul di dagu, jerawat di leher adalah pertanda adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu, stress dan kelelahan juga bisa menjadi pemicu jerawat muncul di area ini.

Jerawat di Leher