Saat kehamilan memasuki trimester kedua hingga ketiga. Tentu perut moms semakin besar. Dalam kondisi ini banyak hal-hal sepele yang akan sulit moms lakukan. Moms tak lagi bisa melihat lutut dan kemaluan saat berdiri, lantaran terhalang perut. Kegiatan lainnya yang akan sulit moms lakukan adalah memotong kuku kaki. Di sisi lain saat memasuki hamil tua tenaga terbatas. Hingga ke salon pun rasanya tak ada energi. Tapi moms tak perlu khawatir karena moms bisa tetap memtongnya dengan tips dan trik berikut ini.

1. Untuk mampu menjangkau kaki dengan perut yang telah membesar pertama-tama moms harus membiasakan berolahraga. Salah satu olahraga yang mendukung untuk moms memotong kuku adalah squat. Kegitan ini dapat mengurangi sakit pada bagian punggung bawah saat mencoba menjangkau kaki Anda.

2. Memiliki banyak manfaat squat dapat moms lakukan secara rutin. Apalagi gerakan ini tak  hanya memperkuar dasar panggul. Sehingga saat mencoba untuk mengakses kaki, tubuh moms akan lebih lentur. Pilih gerakan squat aman khusus ibu hamil ya moms.

3. Ketika sudah memiliki kebiasaan squat, moms bisa mulai memotong kuku kaki sendiri. Caranya cobalah duduk bersila kemudian letakkan kaki yang akan dipotong di atas paha kaki lainnya. Raih jari-jari kaki dan miringkan. Dalam kondisi ini moms akan mudah memotong kuku kaki. Tindakan ini tidak akan membuat moms sakit punggung karenaa rutinitas squat yang moms lakukan sebelumnya. Jika dirasa punggung pegal, coba berhenti sejenak dan lanjutkan setelah tubuh moms kembali rileks.  Lakukan hal yang sama untuk memotong kuku kaki satunya

4. Pastikan kuku sudah moms rendam sejenak di air hangat. Ini akan membuat tekstur kuku lebih mudah di potong. Dengan begitu Anda tak perlu berpose menunduk untuk memotong terlalu lama
Tips dan Trik Aman Memotong Kuku Kaki Saat Hamil Tua
baca juga

5. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kursi yang lebih rendah dari tubuh moms atau toilet duduk. Moms bisa mulai letakkan kaki di atas salah satu benda tersebut. Kemudian mulai menundukkan tubuh untuk memotong kuku kaki. Dalam posisi ini kenyamanan moms yang utama. Jika dirasa pada saat posisi ini pusing atau berkunang-kunang coba bangkit dan duduk segera di posisi nyaman dan rileks.

6. Untuk memudahkan proses memotong kuku, Anda bisa menggunakan alat pemotong kuku yang bagian kepalanya dapat berputar. Alat ini mudah didapatkan ko moms, jadi Anda tak perlu khawatir. Dapat dibeli pula secara online di aplikasi online shop langganan Anda.

7. Jika trik di atas dirasa sulit untuk moms lakukan. Anda tetap bisa memotong kuku kaki di rumah. Caranya adalah dengan meminta bantuan kepada pasangan.

8. Langkah lainnya jika tidak sangat memungkinkan untuk memotong kuku sendiri. Mintalah pada suami atau kerabat moms untuk memberikan treatmen kuku di rumah dengan ahlinya sebagai hadiah baby shower.

Posisi Membungkuk Menyakiti Bayi Moms?

Posisi membungkuk saat memotong kaki tidak menyakiti janin Anda di dalam kandungan. Hal ini karena dia dilindungi oleh air ketuban di dalam rahim. Selain itu juga dilindungi oleh lapisan otot jaringan dan panggul moms. Jika saat mencoba untuk mengambil posisi membungkuk ada rasa nyeri yang moms rasakan. Anggap saja itu sebuah pertanda moms harus berhenti. Dan buat posisi senyaman mungkin. Coba lakukan dengan cara lain dalam memotong kuku. Trik di atas juga bisa moms lakukan untuk mewarnai kuku moms.

Posisi Membungkuk Menyakiti Bayi Moms?