1. Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering

Moms, jangan mencuci wajah terlalu sering karena bisa menghilangkan kelembapan dan meningkatkan produksi minyak. Alhasil, wajahmu menjadi lebih oily, sehingga berpotensi munculnya jerawat.

Untuk amannya, cucilah wajah dengan air biasa atau air dingin di pagi, malam ataupun setelah melakukan aktivitas yang berkeringat. Gunakan facial wash yang ringan dan soap free cleanser agar tidak membuat wajah menjadi kering. 
 

1. Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering
source: http://intelligentmother.com


 

baca juga

2. Hindari Scrubbing

Scrubbing bermanfaat untuk mengangkat kulit-kulit mati, namun sebaiknya hindari melakukannya karena dapat membuat wajah berisiko iritasi. Sebagai gantinya yuk, gunakan tangan atau kain lembut untuk membersihkan wajah! Tekan dengan lembut bagian wajah dan bersihkan dengan gerakan melingkar. Lalu cuci dan bilas sampai bersih. 
 

2. Hindari Scrubbing
source: https://pregnant.sg


 

3. Lakukan Perawatan Alami

Yuk, lakukan perawatan ibu hamil yang alami mengatasi jerawat. Selain aman karena tidak menggunakan kandungan kimia, perawatan ini juga ampuh mengusir jerawatmu dengan cepat. Caranya mudah kok, Moms. Beberapa perawatan yang disarankan antara lain: 
 
3. Lakukan Perawatan Alami
source: http://www.travelandleisure.com


 

baca juga

Toner Alami Apple Cider Vinegar (Cuka Apel)

Rendam bola kapas ke dalam cuka sari apel mentah, lalu oleskan pada kulit wajah. Ini sangat bermanfaat untuk menyerap minyak penyebab jerawat. Kamu juga bisa membuat toner alami dengan cairan ini. Caranya, cukup campurkan cuka apel dan air suling atau air murni. 
 

Toner Alami Apple Cider Vinegar (Cuka Apel)
source: http://www.telegraph.co.uk


 

Perawatan Jerawat dengan Baking Soda

Baking soda bermanfaat untuk membuat kulit wajah kering secara alami dan meningkatkan penyembuhan jerawat. Campurkan 1 sdm baking soda dengan 1 sdm air, lalu oleskan pada jerawat. Biarkan sampai kering sebelum kamu membilasnya.  
 

Perawatan Jerawat dengan Baking Soda
source: https://www.rd.com



 

Oleskan Madu pada Jerawat

Madu dikenal memiliki sifat antiseptik dan juga menenangkan kulit. Sebelum mengaplikasikan madu, bilas wajah sampai bersih terlebih dahulu, lalu oleskan pada jerawat. Diamkan selama 20 atau 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. 
 

Oleskan Madu pada Jerawat
source: http://www.lorensworld.com


Apabila ternyata treatment alami di atas tidak berhasil mengusir jerawatmu, maka berkonsultasilah dengan dokter kulit terkait pengobatan jerawat selama hamil. Tapi, jangan menyerah melakukan perawatan alami di atas terlebih dulu ya, Moms! Semoga berhasil!