Kenali Tipe Vegetarian

Vegetarian bukan saja diartikan sebagai orang yang mengonsumsi tumbuhan saja. Ternyata vegetarian memiliki banyak tipe yang jarang diketahui. Nah moms, jika kamu ingin memulai untuk menjagi vegetarian, sebaiknya moms mulai mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengannya. Salah satunya adalah tipe vegetarian yang beraneka ragam. 

Kenali Tipe Vegetarian

Adapun macam-macam tipe vegetarian yang perlu kamu kenali di antaranya:

  • Ovo vegetarian: tidak mengonsumsi bahan pangan hewani, kecuali telur.
  • Pesco vegetarian/pescatarian: bahan pangan hewani yang dimakan hanyalah ikan.
  • Lacto vegetarian: tidak mengonsumsi bahan pangan hewani, kecuali susu dan produknya.
  • Lacto-ovo vegetarian: tidak mengonsumsi bahan pangan hewani, kecuali telur, susu, dan produknya.
  • Pollo vegetarian: bahan pangan hewani yang dimakan hanyalah daging unggas.
  • Vegan: tidak makan daging merah, daging unggas, ikan, susu, telur, ataupun bahan pangan hewani lain beserta produk-produknya.

Menukar Bahan Makanan Hewani dengan Alternatifnya

Ketika kamu akan memutuskan untuk menjadi vegetarian, moms juga perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan tubuh. Hal ni disebabkan karena tubuh juga membutuhkan asupan dari protein hewani atau sejenisnya. Agar tubuhmu tidak terganggu akibat menjadi vegetarian. 

Menukar Bahan Makanan Hewani dengan Alternatifnya

Nah moms, berikut beberapa protein hewani yang dapat diubah dengan protein nabati yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian. Diantaranya adalah: Daging merah, unggas atau ikan dapat diganti dengan tahu, tempe, seitan (daging tiruan), jamur, dan nangka. Untuk Kaldu sapi atau ayam dapat diganti dengan kaldu dari sayuran atau jamur. Susu sapi dapat diganti dengan susu kedelai, susu almond, santan, dan susu dari beras. Dan Keju dapat diganti dengan kedelai, kacang mete, atau jamur ragi.

baca juga

Mencermati Label Pada Kemasan Makanan

Agar sukses menjadi vegetarian, moms sangat perlu memperhatikan label makanan yang akan dikonsumsi. Sebagian makanan seringkali menggunakan bahan-bahan hewani, meskipun hanya sekedar penyedap rasa atau sejenisnya. Tentunya akan mempengaruhi moms untuk sukses menjaid vegetarian bukan? Nah moms, oleh sebab itu sangat dianjurkan sekali bagi kamu untuk lebih berhati-hati mengonsumsi makanan kemasan. Berbeda jika makanan yang akan dikonsumsi adalah olahan sendiri, pasti akan aman bukan moms?

Membuat Menu Sederhana

Untuk memudahkan mommies menjadi vegetarian, buatlah menu sederhana dirumah jika moms ingin keluar. Atau bahkan untuk konsumsi di rumah pengganti nasi. Untuk memudahkan permulaan moms menjadi vegetarian, pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebiasaan kamu sehari-hari. Hal ini akan mempermudah perubahan pola makan secara perlahan.
Membuat Menu Sederhana
baca juga

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Sebagaimana kebutuhan tubuhmu, moms juga harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Tentunya selain untuk menunjang berbagai aktivitas kamu sehari-hari, kondisi tubuh yang tidak ternutrisi dapat menjadikan kehilangan fokus atau bahkan dapat mengganggu kesehatanmu moms. Jadilah vegetarian yang memperdulikan nutrisi tubuhmu ya moms. Semoga bermanfaat. 

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi