1. Yoga

4 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
source: https://food.ndtv.com/

Dalam sebuah penelitian, sekelompok wanita dengan obesitas perut mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang mengecil setelah 12 minggu mengikuti program yoga intensif. Yoga dapat menjadi pilihan yang sangat efektif untuk mengecilkan pinggang karena selain membakar kalori, yoga juga membantumu mengelola fokus dan stres. Mulailah dengan yoga di bawah pengawasan seorang instruktur atau dengan mengikuti video latihan yoga di rumah.


2. Planks

4 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
source: https://www.shape.com/

Planks melatih otot perut serta otot yang mengelilingi otot inti. Dengan melakukan planks secara rutin, Mommy dapat mengecilkan lingkar pinggang sekaligus membantu membangun postur tubuh yang sehat. Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan di samping dan selebar bahu. Lanjutkan dengan mengatur nafas, angkat tubuh dengan lengan sehingga sejajar dengan lantai. Cobalah untuk menstabilkan otot inti saat berada dalam posisi selama mungkin.

baca juga


3. Standing Oblique Crunch

4 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
source: https://shapescale.com/

Standing oblique crunch dapat membantu membangun otot-otot di sisi tubuh. Latihan ini juga mengencangkan otot-otot yang dapat membentuk pinggang yang lebih kencang dan lebih kuat. Mulailah dari posisi berdiri. Kemudian, stabilkan lengan kiri dengan menyentuh kepala, lalu turunkan lengan kanan perlahan-lahan.Pastikan untuk selalu menjaga otot inti stabil. Cobalah untuk tidak menggerakkan pinggul sama sekali saat meregangkan tubuh ke lantai.


4. High-Intensity Interval Training (HIIT)

4 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan
source: https://www.nbcnews.com/

HIIT merupakan salah satu variasi olahraga kardio yang berperan besar dalam mengurangi lemak perut. Jenis latihan kardiovaskular ini melibatkan periode singkat "intensitas habis-habisan," seperti berlari, bersepeda, atau berlari, diikuti dengan rentang kegiatan intensitas rendah diiringi dengan detak jantung yang tetap dipercepat. Untuk mencoba HIIT, Mommy dapat menggunakan treadmill dengan pengaturan yang tepat. Setelah pemanasan, targetkan peningkatan aktivitas selama 30 detik dari pengaturan tertinggi. Kemudian, lanjutkan dengan 60 hingga 90 detik pengaturan intensitas rendah. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi latihan yang bisa Mommy coba untuk mengecilkan lingkar perut. Selamat mencoba, ya!