Stretch mark atau guratan putih yang muncul di kulit biasanya tampak berwarna merah, putih seperti perak dan bahkan ada yang berwarna ungu, tergantung masing-masing orang. Stretch mark akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti perut, dada, pinggul, pantat dan paha. Tapi, pada ibu hamil strecth mark lebih banyak terdapat di bagian perut. Kenapa? karena bagian ini yang mengalami peregangan atau membesar saat saat mengandung. 

Stretch mark termasuk hal umum yang terjadi selama kehamilan. Namun, kamu akan lebih rentan mengalaminya apabila ternyata orangtua dan saudaramu mengalaminya. 

Berikut beberapa perawatan ibu hamil untuk mencegah stretch mark terjadi: 
 

source: https://www.huggies.com.au


 

baca juga

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Untuk Kesehatan Kulit

Serat kolagen dan elastin di kulit dibutuhkan agar kulit tetap kencang. Jika kulit semakin kencang, maka akan memperkecil risiko guratan putih atau stretch mark muncul akibat bekas peregangan. Untuk itu, kamu dianjurkan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan C, juga zinc dan salica yang membantu membentuk kolagen. 
Vitamin C akan membantu mencegah jaringan kulit dari kerusakan. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 dan B2 untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Jangan lupa juga mengonsumsi banyak cairan setiap hari, agar kulitmu tetap lembap dan terhidrasi dengan baik ya, Moms!
 

source: https://www.shutterstock.com


 

2. Rajin Berolahraga

Tetap berolahraga selama hamil sangat penting kamu lakukan, Moms! Selain meningkatkan energi, membuat mood jadi lebih nyaman, dan membuat tidur lebih berkualitas, olahraga juga akan membantu bagian tubuh tidak mengalami stretch mark. Fyi, olahraga membuat kulit lebih elastis sehingga menyesuaikan ketika terjadi peregangan. Selain itu, manfaat plusnya adalah menghindarkan kamu dari varises dan kaki bengkak selama hami. 
So, tetap berolahraga selama hamil ya, Moms! Olahraga selama hamil tak perlu terlalu berat, misalnya berjalan kaki, yoga, berenang dan sebagainya. 
 

source: http://www.eatright.org


 

baca juga

3. Menjaga Kulit Tetap Lentur

Selain mengonsumsi asupan yang baik untuk kesehatan kulit dan berolahraga secara teratur, kamu juga bisa menjaga kulit tetap lentur dan kenyal dengan menggunakan produk perawatan kulit, terutama yang bermanfaat mencegah stretch mark dan memaksimalkan elastisitas kulit. Untuk produk, kamu bisa bertanya kepada ibu lain untuk memberikanmu rekomendasi ataupun kepada dokter tempatmu mengontrol kehamilan setiap bulan. 

 

source: http://www.babyprepping.com


Good luck, Moms!