Tubuh seringkali memberikan tanda kepada moms. Terutama pada saat mengalami perubahan. Perubahan yang cukup siginifikan biasanya terjadi ketika Anda berbadan dua. Di tanda-tanda awal moms mungkin akan merasa pusing dan mual. Meski tak selalu disebabkan oleh kehamilan, rasa keduanya rata-rata muncul pada wanita berbadan dua.

Dilansir dari laman Haibunda, meski rasa mual dan muntah di pagi hari pada ibu hamil belum diketahui secara pasti. Namun gejala yang disebut morning sickness ini dipercaya sebagai akibat dari reaksi perubahan pada tubuh yang teralu cepat.

Kenali Usia Kehamilan Dari Morning Sickness

Rasa mual dan muntah khususnya di pagi hari terjadi bervariasi pada wanita hamil. Meski demikian para ahli memperkirakan bahwa keluhan ini umumnya dirasakan pada usia kehamilan 2-12 minggu. Morning sickness yang menandakan usia kehamilan dua minggu, biasanya juga dibarengi oleh gejala di bawah ini:

  • Moms terlambat datang bulan
  • Perubahan suasana hati yang cenderung lebih cepat murung
  • Pada payudara akan mengalami pembengkakan
  • Sering kali buang air kecil
  • Anda akan mudah lelah.
  • Morning Sickness Belum Tentu Tanda Kehamilan
Kenali Usia Kehamilan Dari Morning Sickness

Meski Anda mengalami gejala mual dan muntah di pagi hari, namun hal ini tidak bisa langsung disimpulkan moms memang tengah berbadan dua. Moms wajib menunggu beberapa waktu lagi untuk mendapatkan kepastian atas kabar gembira tersebut. Hal ini karena di usia kehamilan dua minggu biasanya Anda baru akan mengalami ovulasi. 

Pada proses ini ovarium akan melepaskan sel telur matang ke tuba falopi untuk dibuahi sperma. Sekitar empat hari setelah dibuahi sel telur akan menghasilkan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon ini akan terdeteksi seminggu setelahnya. Jadi untuk memastikan kehamilan moms dapat mencoba menggunakan test pack setelah telat satu minggu atau ke dokter kandungan agar lebih jelasnya.

baca juga

Morning Sickness Tanda Kehamilan Sehat

Ketika Anda sudah pasti mengalami kehamilan. Morning Sickness mungkin bisa terjadi cukup esktrim hingga moms tak mampu memakan apapun. Namun demikian gejala ini bisa jadi tanda kehamilan Anda dalam keadaan sehat. Hal ini karena keluhan itu bisa jadi tanda bahwa plasenta tubuh secara baik dan janin moms dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Untuk itu, tetaplah mengonsumsi makanan bernutrisi,meskipun tak mudah. Biasanya mengonsumsi makanan sedikit demi sedikit lebih dianjurkan saat rasa mual terus menghantui Anda. Moms sebisa mungkin harus menghindari makan-makanan pedas. Selain itu, air lemon atau jahe bisa menjadi minuman pilihan untuk meredakan kondisi Anda.

Morning Sickness Tanda Kehamilan Sehat