1. Abon sapi
Abon sapi adalah makanan populer di Indonesia. Dari namanya, tentunya olahan makanan ini berbahan dasar daging sapi. Abon ini diolah dengan cara masak dikeringkan dan dicampur beberapa bumbu dengan tidak menghilangkan kandungan gizi dari daging sapi tersebut. Abon sapi hampir ada di seluruh wilayah di Indonesia dan semua kalangan menyukainya, karena rasanya yang lezat, gurih dan dapat disimpan hingga berbulan-bulan. Kini abon sapi semakin berkembang dengan tambahan rasa seperti pedas, keju, balado dan lain-lain.

6 Jenis Abon yang Populer di Indonesia, Mana yang Moms Suka?
source: https://resepkoki.id/resep-abon-sapi/

2. Abon ikan tuna
Jika Moms penggemar olahan ikan, Moms bisa mencoba abon ikan tuna yang terkenal empuk, lezat dan bergizi ini. Ikan tuna merupakan ikan yang mudah ditemukan di perairan Indonesia. Cara memasaknya diberi bumbu, dan diolah kembali dengan cara perebusan, penyeratan, dan penggorengan. Kandungan nilai gizinya juga cukup tinggi, ditambah dengan rasa ikannya yang khas dan sangat lezat menjadikan makanan ini lebih sempurna.

3. Abon cabai
Makanan pedas memang selalu menarik perhatian bagi para pecintanya, pun juga abon cabai ini Moms. Varian abon yang satu ini dibuat dengan cara mengeringkan cabai yang sudah dibumbui. Atau bisa juga dikombinasikan lagi dengan bahan lainnya, misalnya menjadi abon cabai ebi, abon cabai merah teri, abon cabai hijau teri dan lain sebagainya. Abon cabai ini sangat populer di Indonesia, dan bisa Moms temukan di minimarket atau supermarket terdekat. Makan apapun ditambahi taburan abon cabai ini akan terasa lebih nikmat. Mantap betul!

6 Jenis Abon yang Populer di Indonesia, Mana yang Moms Suka?
source: https://cookpad.com/id/resep/6008085-abon-cabe-alamanda

4. Abon ikan lele
Ikan lele sudah menjadi salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi di kalangan masyarakat, serta mudah didapat dengan harga yang relatif murah. Abon ikan lele ini juga bisa Moms berikan pada si kecil yang sudah memasuki tahap MPASI karena kandungan protein yang tinggi dan bagus untuk perkembangan si kecil.

baca juga

5. Abon ebi
Abon ebi juga tak kalah populer di Indonesia. Makanan olahan berbahan dasar ebi atau udang kering ini dapat dikreasikan menjadi beragam menu yang istimewa, seperti misalnya abon ebi gulung yang kita kebal sebagai sumpia atau abon ebi yang dibungkus dengan kulit pangsit kemudian digulung dan direkatkan dengan putih telur. Setelah itu digoreng sampai matang. Rasanya gurih, manis dan renyah Moms.

6 Jenis Abon yang Populer di Indonesia, Mana yang Moms Suka?

6. Abon jantung pisang
Siapa sangka jantung pisang dapat diolah menjadi abon dan bercita rasa tinggi? Untuk cara pengolahannya Moms bisa menambahkannya dengan kaldu daging, untuk menambah rasa gurih pada makanan olahan tersebut.

Bahan baku jantung pisang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena di dalamnya terdapat beberapa kandungan seperti vitamin, zat besi, kalsium, protein dan lain sebagainya.

Berikut tadi olahan abon yang populer di Indonesia. Moms suka yang mana?