1. Pijat Dibagian Paha

Cara agar bayi cepat berjalan yang pertama adalah dengan melakukan pijatan pada bagia paha si kecil. Langkah pertama sediakan baby lotion atau baby oil untuk memijat, agar kulit bayi tidak perih atau lecet.

Selanjutnya letakkan ibu jari moms di bagian pangkal paha bayi kemudian urut lembut ke arah atas dan bawah secara berulang-ulang. Lakukan gerakan tersebut pada kedua paha bayi kira-kira selama 10-15 menit. 
 

source: http://Parents.com



 

2. Pijat Tungkai Kaki

Pijatan selanjutnya adalah dengan melatih bagian tungkai atau biasa yang kita sebut tumit kaki. Lakukan pijatan lembut pada tungkai si kecil dengan cara menepuk-nepuknya dengan lembut. Lakukan treatment tersebut selama kurang lebih 10 menit, kemudian putar-putar lembut kaki bayi searah jarum jam dan sebaliknya. 
 

source: http://lovefrommummy.co.uk



 

baca juga

3. Pijat Betis

Pijatan yang dapat merangsang bayi cepat berjalan selanjutnya adalah dengan memijat pada bagian betis hingga telapak kaki. Caranya yakni dengan memijat ke arah atas dan bawah secara berulang di bagian betis.

Lakukan penekanan sedikit dengan menggunakan jempol moms hingga bagian telapak kaki. Kemudian tekan-tekan kembali bagian tumit dan telapak menggunakan jempol. 
 

source: http://naturaltransition.com



 

4. Pijatan di Bagian Telapak

Bagian telapak kaki bayi adalah hal yang paling penting untuk dipijat, karena telapak merupakan tumpuan atau penopang saat bayi berjalan. Lakukan pijatan seperti menepuk-nepuk dan menekan menggununakan ibu jari moms.

Pijat terus bagian telapak kira-kira selama 10-15 menit. Memijat bayi tidak hanya dapat membuat ia cepat berjalan, namun juga meancarkan peredaran darah sehingga ia dapat tidur lebih nyenyak di malam hari. 
 

source: http://www.tipsmom.com