1. Jahe

Jahe termasuk rempah populer yang banyak sekali manfaatnya. Selain tentunya dapat berguna untuk menyedapkan masakan, jahe juga bisa digunakan untuk campuran jamu ataupun pengobatan herbal.

Kini Moms bisa lho menanam jahe di pekarangan rumah. Caranya, Moms hanya perlu sepotong jahe. Pilihlah potongan yang memiliki mata. Mata itu yang akan tumbuh menjadi daun. Disarankan menanamnya dalam campuran tanah dan media tanam. Siram secara rutin ya Moms. Pastikan juga jahe mendapat sinar matahari yang cukup.

Mudah dan Hemat, Coba Yuk Menanam 7 Tanaman Rempah Ini di Rumah!
source: https://rynari.wordpress.com/2014/05/28/tanem-jahe-abrit-ing-pot-menanam-jahe-merah-di-pot/amp/

2. Ketumbar

Ketumbar juga salah satu rempah penting yang sering ada di masakan Indonesia. Buah dan daunnya dapat Moms manfaatkan untuk menambah aroma dan cita rasa di setiap masakan. Ketumbar termasuk tanaman yang cepat tumbuh. Dia juga tidak mengenal musim dan bisa ditumbuhkan di dalam ruangan.

Untuk menanamnya mudah sekali Moms. Moms cukup mengambil segenggam buah ketumbar lalu potong menjadi dua bagian. Semai biji tersebut dalam pot besar. Pastikan seluruh bagian tanahnya lembap. Saat batang dan daun mulai tumbuh, Moms bisa menambahkan tanah untuk menutupi buah yang menjadi bakal pohon di bawahnya.

3. Kunyit

Satu lagi rempah populer yang bisa digunakan untuk memberikan warna alami pada nasi kuning ataupun masakan lainnya seperti kari, ayam bumbu kuning dan lain-lain. Sama seperti jahe, kunyit pun banyak dijadikan bahan untuk membuat jamu dengan ditambah asam jawa, sehingga menjadi jamu kunyit asam. 

Cara menanamnya pun hampir sama seperti jahe, menanam kunyit juga hanya butuh sepotong kunyit lalu ditanam dalam tanah yang sudah dicampur dengan media tanam. Kunyit ini bisa ditanam di dalam ruang juga lho Moms. Tapi, Moms tetap harus perhatikan kebutuhan air dan sinar mataharinya ya.

Mudah dan Hemat, Coba Yuk Menanam 7 Tanaman Rempah Ini di Rumah!
source: https://abahtani.com/cara-menanam-kunyit/

4. Lengkuas

Lengkuas yang bentuknya hampir mirip jahe ini memiliki manfaat sebagai bahan penyedap alami setiap masakan. Biasanya penggunaannya digeprek, lalu dimasukkan bersama daun salam dan serai.

Pilihlah bibit lengkuas dari tanaman lengkuas yang sudah tua dan bebas penyakit atau serangan hama. Patahkan menjadi 4 bagian dan masing-masing mempunyai 3-4 mata tunas lalu dijemur sehari. Masukkan dalam kayu berlapis, bibit dan abu sekam.

Buat lubang yang kira-kira 10-15 cm lalu masukkan bibit lengkuas tadi dengan posisi tunas menyumbul di atas. Kemudian tutupi dengan tanah namun jangan tutupi tunas lengkuasnya. Dan jangan lupa siramlah dengan air secara rutin ya, Moms.

baca juga

5. Serai

Banyak sekali kehunaan serai dalam kehidupan sehari-hari. Selain batangnya yang biasa kita gunakan ke dalam campuran masakan sehingga menimbulkan aroma yang sedap dan menggugah selera, ternyata tanaman serai bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk lho, Moms.

Untuk menanamnya, Moms hanya perlu mengambil beberapa batang serai. Potong daun serai hingga menyisakan beberapa sentimeter batang dan akar. Buang juga lapisan daun yang sudah mati.

Tanam batang tersebut di dalam pot dengan tanah yang subur. Pastikan serai mendapat matahari dan air cukup. Dia akan tumbuh lebat dengan cepat. 

Mudah dan Hemat, Coba Yuk Menanam 7 Tanaman Rempah Ini di Rumah!
source: https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menanam-serai/

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki peranan penting di setiap masakan Moms. Oleh karena itu, pilihan tepat jika Moms menanam bawang putih sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, jika tumbuh subur bisa jadi peluang usaha juga nih, Moms.

Moms hanya perlu menanam sebonggol bawang putih di dalam tanah yang sudah dicampur media tanam. Pastikan tanah selalu dalam keadaan lembap ya Moms. Tidak butuh lama sampai bawang putih menumbuhkan daunnya. Daun bawang putih ini bisa juga digunakan untuk bumbu dapur, namun terlalu sering memetik daun akan membuat bonggol bawang putih tidak tumbuh besar.

7. Bawang merah

Satu lagi, temannya si bawang putih, yaitu bawang merah. Memang tak lengkap rasanya jika duo bawang ini tidak diikutsertakan dalam setiap masakan Moms. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga akan menambah cita rasa di setiap masakan.

Mudah dan Hemat, Coba Yuk Menanam 7 Tanaman Rempah Ini di Rumah!
source: http://www.bertaniorganik.com/2019/03/31/cara-menanam-bawang-merah-hidroponik/

Moms bisa menanam bawang merah dari benihnya atau dari bawang merahnya. Tanam dalam tanah subuh yang lembap. Pastikan tanah tidak terlalu basah. Ketika bawang merah tumbuh besar di bawah tanah, mereka akan mulai muncul ke permukaan. Itulah saatnya bawang merah dipanen.
Untuk memastikan bawang merah sudah tumbuh maksimal, tunggulah sampai daun layu baru dipanen.