Tanda-Tanda Stress Pada Ibu Baru

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang penyebab dan cara mengatasi stress pada ibu baru. Sebaiknya Moms mengetahui tanda-tanda stress pada ibu baru berikut ini:

  • Insomnia
  • Menangis tiba-tiba
  • Depresi hingga tidak mampu menjalani aktivitas sehari-hari
  • Berpikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bahkan menyakiti bayi
  • Merasa tak berharga dan tak memiliki harapan
  • Kehilangan energi
  • Merasa lemas dan kelelahan yang amat sangat
  • Kehilangan nafsu makan, atau bahkan penurunan berat badan
Tanda-Tanda Stress Pada Ibu Baru
source: https://www.hipwee.com/

Penyebab Stress Pada Ibu Baru

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ibu baru menjadi stress dan merasa kewalahan menghadapi kondisi barunya sebagai ibu. Apa saja?

Kelelahan
Rasa lelah yang dirasakan oleh ibu baru, disebabkan oleh harus merawat bayi bahkan hingga begadang karena bayi tidak kunjung tidur. Nah, ketika rasa lelah itu datang, otak berhenti berfungsi dengan baik. Kemudian seorang ibu baru akan mulai mempertanyakan kehidupannya dan mempertanyakan sisi bahagia menjadi seorang ibu.

Perubahan Fisik
Berubahnya fisik pasca melahirkan tentu saja terjadi. Tubuh ibu yang awalnya ramping mungil, kemudian bisa melar karena hamil. Meski tidak semua orang sama, namun ada wanita yang tidak mudah begitu saja menerima perubahan fisik yang terjadi pada dirinya. Seperti payudara yang kendor, bekas peregangan, kulit yang kendur di perut, hal itu semua dapat membuatnya depresi pasca melahirkan.

Penyebab Stress Pada Ibu Baru
source: https://cantik.tempo.co/

Rasa Cemas Berlebihan
Rasa cemas yang berlebihan bisa saja muncul pada ibu baru. Misalnya takut menggendong bayi karena takut menyakiti bayi, takut salah memberikan asupan makanan karena tidak bisa memberikan ASI, takut kehilangan pasangan karena merasa sudah tidak cantik lagi, dan banyak lagi rasa cemas yang muncul karena pemikirannya sendiri. Agar tidak stress, Moms harus menghindari rasa cemas berlebihan seperti ini. Senantiasa berpikir positif selalu.

Kurang Dukungan
Setiap ibu baru tentu membutuhkan dukungan. Dukungan untuk meyakinkan bahwa dia bisa melewati kondisi ini dengan baik-baik saja. Namun ketika seorang ibu baru merasa tidak mendapat dukungan, maka dia akan merasa sendiri dan terasing.

Masalah Keuangan
Masalah keuangan tentu bisa membuat siapa saja stress, terlebih ibu baru. Ketika seorang ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, namun semua itu terbentur dengan biaya. Maka hal ini akan memicu stress. Karena ibu baru akan merasa tidak bisa memberikan yang terbaik pada anaknya.

baca juga

Tips Mengatasi Stress Pada Ibu Baru

Tenang, Moms. Kondisi stress yang dialami oleh ibu baru bisa kok diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Jauhi Hal-hal Mengerikan
Ibu baru yang tengah mengalami stress akan menghubungkan apapun yang mereka lihat dengan kondisi yang sedang dialami. Karena itu ibu baru yang stress kadang sulit mengontrol pikiran dan malah terjebak dalam imajinasi sendiri. Jadi sebaiknya jauhi dulu film horor, novel misteri, cerita-cerita menegangkan, dan untuk sementara jangan baca atau tonton berita kriminal. Semua ini bertujuan agar Moms selalu berpikir positif.

Jangan Mengandalkan "Katanya"
Sebagai ibu baru, tentu Moms akan menggali informasi dari berbagai sumber tentang bagaimana menjadi seorang ibu. Ingat, Moms. Kondisi depresi setiap ibu berbeda-beda, sehingga cara mengatasinya pun mungkin tak sama. Terobsesi dengan berbagai saran malah bisa membuat Moms makin terpuruk saat Moms tak melihat hasil yang nyata.

Tips Mengatasi Stress Pada Ibu Baru
source: https://www.idntimes.com/

Jangan Membebani Diri
Mengurus urusan domestik rumah tangga memang tidak ada habisnya. Mulai dari mengurus suami, anak, hingga rumah. Sebaiknya Moms jangan membebani diri sendiri dengan seluruh pekerjaan ini. Jangan sungkan minta bantuan suami, keluarga, atau asisten rumah tangga. Biarkan cucian menumpuk, hal terpenting adalah kesehatan jiwa dan raga Mommies. Cucian kotor bisa dicuci nanti. Jika Moms merasa lelah dan butuh tidur, maka Moms lebih baik memilih tidur.

Jauhkan diri dari orang-orang negatif
Sebaiknya Moms berdekatan dengan orang-orang yang memberikan energi positif. Jangan berkumpul dengan orang-orang yang selalu menyalahkan semua kebiasaan Moms sebagai ibu baru. Karena hal itu akan menambah level stress Moms.

Nah Moms, itu tadi penyebab dan tips mengatasi stress pada ibu baru. Jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri pada Sang Pencipta ya, Moms. Dijamin hati akan lebih tenang. Terus Semangat, Mommies!