Banyaknya kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan, sering kali membuat moms tak sadar bagaimana tubuh bersikap. Jika hanya dilakukan sesekali, tentu sikap atau posisi tubuh yang salah tidak akan memberikan pengaruh yang berarti. Tapi jika sikap tubuh yang salah tersebut terus dilakukan berulang setiap hari, akibatnya bisa mengubah postur tubuh menjadi tidak proporsional lagi. Nah moms, dengan rutin menerapkan beberapa kebiasaan ini, postur tubuh moms tetap tegak dan terjaga.

Duduk dan Berdiri dengan Tegak

Dua hal yang penting diperhatikan dalam menjaga postur tubuh agar tetap tegap adalah sikap tubuh dalam memposisikan punggung. Baik pada saat duduk maupun berdiri, punggung harus selalu dalam keadaan tegak. Hindari duduk dengan leher dan punggung yang terlalu menunduk. Dan jika berdiri pastikan untuk selalu dalam keadaan tegak, tubuh harus tertopang sempurna oleh kedua kaki. Hilangkan kebiasaan berdiri dengan satu kaki tertekuk atau hanya satu kaki yang menopang tubuh.

Duduk dan Berdiri dengan Tegak
baca juga

Hindari Menyilangkan Kaki

Duduk dengan menyilangkan kaki mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Tapi posisi duduk seperti ini ternyata bisa berdampak buruk terhadap postur tubuh, khususnya tubuh bagian bawah serta tulang belakang. Posisi duduk terbaik adalah dengan menjaga tulang belakang tetap lurus, caranya sejajarkan pundak tepat di atas pinggul dan hindari untuk menyilangkan kaki.

Hindari Menyilangkan Kaki

Perhatikan Posisi Bahu dan Telinga

Saat sedang bekerja dan fokus memperhatikan layar monitor, kebanyakan orang akan menunduk, punggung akan melengkung dengan kepala dicondongkan ke depan. Posisi seperti ini jika dilakukan terus menerus bisa berdampak pada berubahnya postur tubuh menjadi tidak lagi tegap. Nah untuk menghindari hal ini sebaiknya selalu perhatikan posisi telinga dan bahu, pastikan keduanya berada pada posisi yang sejajar. Selain untuk menjaga postur tubuh, memposisikan telinga sejajar dengan bahu juga dapat memperkuat tulang belakang.

Perhatikan Posisi Bahu dan Telinga
baca juga

Pakai Kursi dengan Tinggi yang Sesuai

Jika pekerjaan moms mengharuskan untuk selalu duduk dan menghadap layar komputer, periksalah apakah posisi siku moms membentuk sudut 90 derajat ketika sedang mengetik. Jika tidak, atur ketinggian kursi sehingga sudut siku dan meja keyboard menjadi sesuai. 

Pakai Kursi dengan Tinggi yang Sesuai

Ubah Posisi Saat Membawa Tas Selempang

Selalu membawa beban berat seperti tas juga dapat mengubah postur tubuh. Tas yang paling ideal digunakan agar postur tubuh tetap terjaga adalah tas model ransel. Tapi jika moms lebih menyukai tas model selempang atau tas bahu, sebaiknya rutin untuk mengganti posisi tas agar beban tak hanya bertumpu pada satu bahu.

Ubah Posisi Saat Membawa Tas Selempang

Sejajarkan Ponsel dengan Wajah

Saat ini smartphone adalah benda yang paling banyak menyita perhatian. Selalu menunduk saat menggunakan smartphone selama berjam-jam bisa berdampak buruk terhadap postur tubuh. Untuk menimimalisir risiko ini, sebaiknya saat memakai smartphone sejajarkan posisinya dengan wajah agar moms tak perlu menunduk untuk melihatnya.

Sejajarkan Ponsel dengan Wajah