Bukan Gila! Ini Sifat yang Menjadi Tanda Gangguan Bipolar

Sifat yang Menjadi Tanda Gangguan Bipolar

Ada beberapa sifat yang menjadi tanda mengalami gangguan bipolar. Moms perlu waspada jika sewaktu-waktu merasakan hal tersebut pada diri sendiri atau orang terdekat. Namun jangan terlalu khawatir, mendeteksi lebih dini justru dapat bermanfaat untuk segera menyikapi dengan tindakan yang tepat. Beberapa sifat yang muncul antara lain:

Sering mengalami insomnia
Gangguan mental ini menyebabkan penderitanya mengalami kualitas dan jam tidur yang menurun, meskipun merasa lelah.

Perubahan mood secara ekstrem
Saat merasa senang, orang yang menderita bipolar ini bisa merasa sedih seketika. Perubahan mood yang sangat cepat adalah salah satu tanda utama bahwa seseorang mengalami gangguan ini. Biasanya, mereka juga akan berakhir dengan depresi yang berkepanjangan karena mood ysng dirasakannya terlalu berfluktuatif.

Berperilaku agresif
Saat mengalami gangguan bipolar, penderitanya bisa menjadi sangat agresif karena mengalami iritabilitas yang berlebihan. Terlebih ketika sedang emosi, ia akan menunjukkan sifat agresifnya.
Bukan Gila! Ini Sifat yang Menjadi Tanda Gangguan Bipolar

Memiliki rasa percaya diri yang berlebihan
Orang dengan gangguan bipolar biasanya memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Ini dikarenakan suasana hatinya yang juga tinggi. Namun, perasaannya tersebut tidak bisa dikontrol dengan baik.

Pikiran dan perkataan yang saling balapan
Gangguan ini menyebabkan penderitanya akan memiliki pemikiran dan perkataan yang tidak sejalan. Mereka bisa berbicara dan berpikir dengan cepat, tapi tidak menentu. Apa yang dipikirkan dan diucapkannya akan sulit dimengerti oleh orang normal.

Berperilaku berbahaya
Dalam kondisi yang sudah parah, gangguan mental ini akan membuat penderitanya memiliki perilaku berlebihan yang menjurus berbahaya, misalnya berperilaku seksual yang tidak pantas, memiliki rasa impulsif, penilaian yang buruk, dan distractibility.

Suka menghambur-hamburkan uang
Seiring dengan tingkat percaya dirinya yang berlebihan, hal tersebut juga membuat penderita gangguan bipolar memiliki sifat glamor yang berlebihan atau suka menghambur-hamburkan uang.

Halusinasi
Halusinasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang bisa mendengar, merasakan, mencium aroma, atau melihat sesuatu tertentu yang sebenarnya tidak ada atau tidak terjadi. Gangguan persepsi ini juga dirasakan oleh orang yang menderita gangguan bipolar.

baca juga
Bukan Gila! Ini Sifat yang Menjadi Tanda Gangguan Bipolar

Cara Mengetahui Seseorang Menderita Gangguan Bipolar

Ada beberapa tes yang umum dilakukan dokter atau psikiater untuk membantu menegakan diagnosis gangguan bipolar, yaitu:

  • Tes fisik untuk membantu mengetahui sumber keluhan.
  • Tes psikologis.
  • Penggambaran Mood.

Setelah tes dilakukan dan jika diketahui diagnosis mengidap gangguan bipolar, selanjutnya akan dilakukan perawatan untuk menanggani gangguan mental ini. Perawatan yang dilakukan tergantung pada kondisi masing-masing penderitanya. Beberapa perawatan yang akan diberikan untuk gangguan bipolar adalah:

Terapi obat
Obat yang diberikan biasanya tediri dari antidepresan, antipsikotik, penstabil mood, dan obat anti stress.

Konseling
Konseling dilakukan untuk membicarakan kondisi penderitanya dan bagaimana cara melewati episode emosi yang dialaminya.

Perawatan penyalahgunaan zat tertentu
Bila penderita gangguan bipolar ini menderita suatu ketergantungan pada zat tertentu, maka sangat penting untuk menanggulangi ketergantungan tersebut yang nantinya bisa berguna untuk meringankan kondisi yang dialaminya.

Perawatan rumah sakit
Perawatan ini dilakukan bila gangguan mental yang dialami sudah parah. Seperti mengalami tanda-tanda ingin melakukan bunuh diri, sering melukai diri sendiri dan orang lain, jadi diperlukan pengawasan khusus.

Bukan Gila! Ini Sifat yang Menjadi Tanda Gangguan Bipolar

Moms, kondisi jiwa dengan sifat yang menjadi tanda gangguan bipolar ini tentunya dapat menyebabkan rusaknya hubungan pribadi, rendahnya motivasi, dan menurunkan produktivitas di tempat kerja. Yang lebih buruk adalah bila sudah ada tanda-tanda melukai dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, orang-orang dengan bipolar disorder sangat disarankan untuk menghubungi bantuan medis saat mengalami perubahan mood yang signifikan.
 
Itulah moms yang dapat disampaikan mengenai sifat yang menjadi tanda gangguan bipolar dan cara menanganinya. Semoga dapat bermanfaat.