Ajak Anak Bergabung

Langkah awal untuk mengajarkan anak membereskan rumah adalah dengan mengajaknya bergabung dan ikut serta dalam kegiatan membersihkan rumah. Moms bisa membuat aktivitas bersih-bersih rumah sebagai momen belajar kerja sama yang mengasikan bersama si Kecil. Kalau perlu Dads juga ikut bergabung. Misalnya, ajak anak mencuci piring bagian membilas peralatan dengan bahan plastik. Biasanya anak-anak suka bila diajak bermain air.

Ajak Anak Bergabung
source: https://www.motherandbaby.co.id/

Sesuaikan Usia Anak

Ketika mengajarkan si kecil membereskan rumah, Moms juga harus menyesuaikan dengan usia dan tinggi si kecil. Misalnya anak sudah bisa menjangkau rak penyimpanan mainan, jadi ia bisa diajarkan untuk meletakkan mainan yang sudah dipakai untuk dikembalikan ke tempat semula. Kalau tinggi dan usianya bertambah, Moms bisa memberikan tanggung jawab lebih besar seperti merapikan tempat tidur, menyapu, dan mengepel lantai.

Sesuaikan Usia Anak
source: https://cantik.tempo.co/
baca juga

Perlihatkan Pada Anak

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Maka ketika Moms membereskan rumah, sebisa mungkin si kecil melihat. Biarkan dia berada di dekat Mommies asalkan tidak berbahaya. Dengan melihat sendiri, maka anak-anak akan menirukan apa yang Moms kerjakan. Perlihatkan pada si kecil bahwa bersih-bersih rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Perlihatkan Pada Anak
source: https://hellosehat.com/

Jangan Paksa

Jika anak tidak terlihat berminat membantu, sebaiknya Moms jangan memaksa si kecil, ya. Karena ketika dipaksa maka anak akan membantu membereskan rumah dengan setengah hati. Maka kegiatan membereskan rumah menjadi tidak menyenangkan baginya. Jika si kecil enggan membantu, sebaiknya biarkan. Coba lagi lain waktu untuk mengajaknya bergabung.

Jangan Paksa
source: https://www.popmama.com/
baca juga

Beri Pujian

Langkah terakhir adalah memberi pujian. Ketika anak berhasilkan menyelesaikan pekerjaannya membereskan rumah beri pujian atas apa yang dia kerjakan. Dijamin akan membuat hati si kecil riang bukan kepalang. Dan besoknya dia akan lebih semangat lagi untuk membantu Mommies membereskan rumah.

Beri Pujian
source: https://www.fimela.com/

Nah Moms, itu tadi 5 tips mengajarkan anak membereskan rumah sejak dini. Semoga berhasil, Moms.