Cemilan khas Makassar favorit B.J Habibie

Banyak hal yang dapat dikenang dari sosok B.J. Habibie, salah satunya adalah makanan kegemarnnya. B.J. Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan. Sejak kecil ia biasa menyantap cemilan tradisional khas Makassar yang saat ini mulai sulit ditemukan. 

Mengenang BJ Habibie Lewat Makanan dan Cemilan Khas Makassar Favoritnya

Sahabat kecil B.J. Habibie yang juga penulis buku tentang B.J. Habibie, Andi Makka membocorkan makanan khas Makassar yang menjadi favorit sahabatnya tersebut. 

1. Kue barongko
Barongko cukup terkenal di Makassar karena kue ini mudah ditemui di pasar ataupun penjaja kue tradisional. Penganan manis ini terbuat dari bahan baku pisang kepok, santan, telur dan gula. 

Semua bahan ini dicampur rata lalu dibungkus dengan daun pisang. Adonan yang sudah siap kemudian dimasak dengan cara dikukus. Setelah matang, barongko akan menjadi kue yang padat namun lembut. Mirip dengan bongko pisang di Jawa Tengah.

Paduan pisang kepok, santan dan gula membuat penganan ini punya rasa manis legit dan sedikit gurih. Barongko sangat nikmat sebagai kudapan teman minum teh.

Mengenang BJ Habibie Lewat Makanan dan Cemilan Khas Makassar Favoritnya
source: https://www.tagar.id/resep-barongko-makanan-khas-bugis-kesukaan-bj-habibie/amp/

2. Putu cangkir
Kue putu cangkir juga merupakan panganan tradisional khas Bugis, terbuat dari beras ketan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bagian bawahnya menyerupai cangkir apabila posisinya sengaja diletakkan terbalik. Beras ketan dikukus lalu dijemur hingga kering. Kue ini juga dilengkapi kelapa muda dan gula untuk membuatnya lezat.

Dalam buku berjudul Habibie Totalitas Sang Teknosof putu cangkir juga disebutkan. Dalam buku ini terdapat percakapan antara Habibie yang menyarankan Ainun mencoba kue putu pesse. Saat itu Ainun menjawab kalau kue ini tak seistimewa yang dikatakan Habibie.

"Memang benar apa yang dikatakan Ibu Ainun, karena makanan itu belum pernah dicicipinya selama hidupnya. Berbeda dengan saya, bagi saya kue itu terasa enak sekali. Ternyata, apa saja yang dirasakan dan dialami manusia pada masa kecilnya akan terasa indah dan dikenang sampai tua. Demikian pula saya dengan kue Bugis itu." kata Habibie.

baca juga

3. Buras
Meskipun lama tinggal dan bekerja di Jerman, beliau tetap menyukai makanan tradisional khas daerah asalnya, seperti buras ini. Buras adalah makanan khas Makassar yang merupakan salah satu varian nasi yang dibungkus oleh daun pisang yang diikat oleh tali dan berbentuk persegi agak pipih.

Buras memiliki rasa yang lebih enak, gurih, dan aroma yang khas karena saat memasaknya disertakan santan dan beberapa bumbu lainnya. Sangat pas untuk menemani makan cotto Makassar ataupun makanan berkuah lainnya.

Mengenang BJ Habibie Lewat Makanan dan Cemilan Khas Makassar Favoritnya
source: https://dapurnya.blogspot.com/2015/12/resep-buras-atau-burasa-khas-makasar.html?m=1

4. Es pallu butung
Dalam sebuah acara, B.J. Habibie pernah mengungkapkan kegemarannya menyantap es pallu butung sejak masih muda. 

Es pallu butung adalah panganan dingin berbahan dasar pisang kukus m yang ditambahkan susu dan santan. Rasanya segar dan sangat cocok diminum saat siang hari, untuk mengusir dahaga atau bisa juga sebagai minuman berbuka puasa. 

Selain camilan khas Makassar tersebut, presiden RI ke-3 tersebut juga memiliki makanan favorit yang biasa beliau santap setiap harinya. Apa saja itu Moms?

Makanan favorit B.J. Habibie

1. Ikan
Makanan dengan olahan ikan baik itu digoreng, dibakar atau dimasak dengan kuah adalah kegemaran beliau. Sebagai orang Sulawesi Selatan, ia pun menyukai masakan olahan ikan khas Sulawesi yakni Sup Ikan. Tak heran jikan beliau memiliki otak yang jenius ya, Moms. Karena ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk otak.

Rutin mengonsumsi ikan juga disebut peneliti dapat mencegah Alzheimer, yaitu penyakit otak degeneratif yang biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 60. Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin pada otak. Hal itu dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala depresi.

Manfaat lain, kandungan omega-3 pada ikan juga dapat menjaga kesehatan mata dan memberi nutrisi pada otot-otot dan saraf mata. Hal itu karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan. Jadi Moms jangan ragu lagi memberikan ikan pada si kecil ya.

Mengenang BJ Habibie Lewat Makanan dan Cemilan Khas Makassar Favoritnya
source: https://m.fimela.com/amp/4053793/7-cara-efektif-agar-sup-ikan-tidak-bau-amis

2. Sayuran
Selain ikan, B.J. Habibie juga sangat menyukai sayuran. Beliau selau makan dengan lauk sayur. Bahkan ketika berada di luar negeri pun beliau akan mencari nasi dengan lauk olahan sayur untuk makanan sehari-harinya.

Kandungan nutrisi antara sayuran memang berbeda-beda, namun pada umumnya sayuran mengandung protein dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam yang tentu saja sangat baik untuk tubuh, termasuk kesehatan otaknya.

Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan University of Illinois. Penelitian ini menemukan bahwa lutein, pigmen yang ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

baca juga

3. Susu
Susu adalah minuman wajib yang beliau konsumsi sehari-hari. Bahkan ketika beliau beradadi Jerman, beliau lebih sering minum susu dibanding saat tinggal di Indonesia, karena cuaca di Jerman sangat dingin di musim tertentu.

Susu memang baik diminum setiap hari, karena mengandung banyak kalsium yang dapat menguatkan tulang. Tak hanya itu susu juga ternyata sangat baik untuk kesehatan otak, terutama dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Membiasakan anak mengonsumsi susu sejak kecil bisa Moms terapkan juga, namun perlu diperhatikan kadar gula dan tidak melebihi batas maksimum untuk pemberiannya ya.

Mengenang BJ Habibie Lewat Makanan dan Cemilan Khas Makassar Favoritnya
source: https://www.harapanrakyat.com/2019/09/kebanyakan-minum-susu-bisa-menyebabkan-kanker/amp/

Berikut tadi adalah makanan dan minuman favorit almarhum B.J. Habibie. Dan kami juga turut berduka cita atas kepergian beliau ke haribaan-Nya. Selamat jalan bapak Baharuddin Jusuf Habibie. Semangat dan cita-citamu dalam memajukan bangsa ini, akan kami teruskan ke anak cucu kami.