Bukan rahasia lagi ya tauge menjadi salah satu jenis sayur yang dikenal untuk menambahkan kesuburan terutama bagi para pria. Kualitas sperma yang baik inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa jika makan tauge bisa cepat hamil. Tak heran jika moms belum dikaruniai anak harus banyak mengonsumsi sayuran yang satu ini. Bukan tanpa sebab tauge direkomendasikan. Faktanya kandungan nutrisi di dalamnya memang sangat baik untuk kesehatan tubuh moms. Tak salah deh kalau sering dikonsumsi. Apa saja kandungan didalamnya?

Kandungan Nutrisi Pada Tauge

Tauge merupakan tumbuhan muda atau tunas dari biji kacang hijau. Menjadi salah satu jenis sayuran favorit kecambah banyak mengandung vitamin K dan zat besi. Dalam setiap 1 gelas kecambah mentah terdapat 1 mg zat besi dan 34 mg vitamin K. Dua kandungan ini sangat berguna bagi kerja tubuh anda.

Vitamin K misalnya berguna dalam  proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan juga untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sementara zat besi dibutuhkan mengangkut oksigen dalam darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Serta menambah kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin C pada tauge. Sayuran ini juga mampu membunuh kuman penyakit dalam tubuh.

baca juga

Manfaat Tauge Untuk Wanita dan Kesuburan Pada Pria

Moms, bukan hanya mitos tauge benar-benar dapat menambah kesuburan pada pasangan. Mengonsumsi tauge mampu meningkatkan kualitas sperma. Hal ini karena kandungan antioksidan pada tauge. Antioksidan pada tauge atau kecambah ini berbentuk vitamin C, A dan E. Dalam satu cangkir tauge mentah terdapat 14 mg vitamin C, 22 IU vitamin A dalam bentuk betakaroten dan alfakaroten, dan 0,1 mg vitamin E dalam bentuk alfatokoferol.

Selain antioksidan, tauge juga mengandung asam folat. Asam folat baik untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Dikenal sebagai vitamin B 9 asam folat berguna untuk membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel baru juga  menjaga kesehatan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Agar kesuburan bertambah pada pasangan moms, selain mengonsumsi tauge, bisa juga ditambah dengan mengonsumi sayuran dan buah-buahan secara rutin. Sementara itu bagi wanita tauge dapat membantu persoalan terhindar dari masalah menstruasi dan gangguan yang ditimbulkan saat pra-menopause.

Manfaat Tauge Untuk Wanita dan Kesuburan Pada Pria

Membantu Memelihara Kesehatan Mata

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine Amerika mengatakan bahwa mengonsumsi tauge dapat memelihara kesehatan mata. Mereka yang menyukai tauge dapat tetap memiliki mata sehat saat memasuki usia 50 tahun ke atas. Seperti diketahui di usia tersebut rentan terkena gangguan penglihatan.

Hal ini karena kandungan asam folat, B6 dan B12 pada tauge. Menurut hasil penelitian tersebut salah satu penyebab gangguan penglihatan pada usia lanjut adalah kerusakan makula, yang merupakan titik kecil di dekat pusat retina yang membuat kita melihat jelas.

Membantu Memelihara Kesehatan Mata
baca juga

Membantu Mengurangi Kecemasan Akibat Stres

Tauge dapat membantu moms keluar dari rasa cemas yang mengakibatkan Anda stres kapan saja. Dilansir dari laman Draxe.com, sebuah studi yang dilakukan oleh Joanna Briggs Institute Universitas  Adelaide, Australia vitamin C efektif untuk mengurangi stres terutama yang terjadi pada wanita. Setidaknya sekitar 60 persen wanita cenderung menderita kecemasan dalam hidupnya.

Untuk itu mengonsumsi sayuran mengandung vitamin C seperti tauge dapat membuat moms lebih tenang dan memiliki kualitas tidur lebih baik. Selain itu mengonsumsi tauge juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Namun demikian, perlu diingat moms hindari mengonsumsi tauge mentah. Ada banyak bakteri mengancam sebaiknya moms mengolah tauge terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Membantu Mengurangi Kecemasan Akibat Stres