Moms sulit rasanya untuk meninggalkan makeup. Sudah menjadi kebutuhan setiap hari, tentu Anda tak pernah lupa membawa dan menggunakannya. Meski terkadang moms menemui produk-produk yang tak cocok pada kulit Anda. Namun jarang sekali moms memutuskan menggunakan makeup berdasarkan dari bahan utamanya. Warna kulit dan tipe kulit biasanya cukup untuk moms menentukan mengenakan produk tersebut.

Tanpa pikir panjang setelah membaca pada kemasan produk makeup, Anda kerap sekali langsung menggunakannya. Sentuhan pelembap, bedak, maskara dan pensil alis pun tak pernah absen di wajah Anda. Meski wajah Anda terlihat lebih cantik, akan tetapi terdapat serangkaian resiko yang dapat ditimbulkan. Terlebih lagi hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Jerawat hanya dampak kecil yang ditimbulkan pada produk-produk tersebut. Berikut bahaya lainnya yang mengancam bagi kulit dan tubuh moms.

Menyebabkan Sakit Kepala

Kandungan pada produk makeup ternyata juga bisa sebabkan sakit kepala. Bahan kimia seperti Diazolidinyl urea dan DMDM ​​Hydantoin mengeluarkan senyawa kimia yang banyak terdapat pada produk kosmetik yang moms kenakan. Senyawa ini biasanya berfungsi sebagai pengawet anti mikroba. Zat kimia ini diketahui mampu menyebabkan sakit kepala, iritasi pada selaput lendir, dan kerusakan pada mata.

Jika moms tiba-tiba menderita sakit kepala, tanpa sebab. Coba berhenti beberapa hari untuk tidak mengenakan makeup. Jika setelah itu sakit kepala hilang bisa jadi salah satu produk makeup moms mengandung senyawa tersebut.

Menyebabkan Sakit Kepala
baca juga

Menimbulkan Infeksi Mata

Riasan mata sering kali menjadi hal yang tak bisa moms tinggalkan. Hal ini karena pulasan di seputar mata menjadi hal utama membuat wajah moms tampak berbeda dengan sebelum menggunakan makeup. Namun jarang diketahui kulit pada area mata termasuk pada kulit yang sensitif. Untuk itu moms wajib berhati-hati. Lapisan riasan mata dapat merusak mata.

Produk makeup mata seperti eyeshadow, dapat masuk ke mata melalui sudut mata, sehingga iritasi tak bisa dihindarkan. Produk lainnya yang membuat infeksi dan iritasi pada mata adalah maskara dan eyeliner. Kedua produk ini dapat menghambat pertumbuhan bulu mata dan juga menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Menimbulkan Infeksi Mata

Dapat Menyebabkan Kemandulan

Produk kosmetik dan deodoran menjadi salah satu produk yang meresap ke kulit langsung. Kondisi ini tentu sangat mungkin zat kimia pada produk tersebut menyerap ke kulit moms. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahan kimia seperti bahan pengawet yang disebut paraben sempengaruhi sekresi testosteron dan fungsi sistem reproduksi pria. Sama hal nya pada wanita zat kimia ini akan mengganggu organ reproduksi. Moms perlu waspada karena kandungan ini juga kadang ditemukan pada produk yang berlebel terbuat dari bahan-bahan alami.

Dapat Menyebabkan Kemandulan
baca juga

Salah Satu Penyebab Kanker

Tak hanya menimbulkan iritasi beberapa produk kosmetik di pasaran nyatanya juga dapat menyebabkan kanker. Meski terdapat peraturan untuk melakukan pengujian sebelum dijual bebas, namun tak dapat dihindari. Hal ini karena kebanyakan kosmetik diproduksi hanya melalui pembuktian, jika produk tersebut tidak menimbulkan bahaya pada pemakainya. Jadi tidak ada penelitian konklusif yang dilakukan pada efek jangka panjang dari bahan-bahan yang digunakan.

Agar moms bisa meminimalisir resiko terkena kanker coba hindari produk-produk yang mengandung bahan dibawah ini:

  • Phenacetin
  • Belangkin
  • Bensol
  • Minyak mineral yang tidak diolah atau diolah secara ringan
  • Etilen oksida
  • Chromium
  • Kadmium dan senyawanya
  • Arsen
  • Silika kristal
Salah Satu Penyebab Kanker

Terjadi Ketidakseimbangan Hormon Pada Tubuh

Penggunaan produk-produk kecantikan dalam waktu lama bisa membuat hormon Anda tidak seimbang. Salah satu penyebabnya adalah kandungan triclosan. Dengan penggunaan rutin, triclosan akan diserap dan terakumulasi dalam tubuh Anda. Kondisi ini akan mempengaruhi hormon tiroid. Dimana hal ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam sekresi hormon. Dampak nyatanya zat kimia ini juga dapat menyebabkan sakit kepala, penambahan berat badan, dan depresi. Kandungan triclosan dapat ditemui pada produk scrub, penghilang jerawat dan deodoran.

Terjadi Ketidakseimbangan Hormon Pada Tubuh