Manfaat buah pisang mungkin sudah bukan jadi rahasia lagi. Buah ini baik dikonsumsi oleh siapapun, termasuk ibu hamil. Tapi ternyata dalam sebuah pohon pisang bukan hanya buahnya lho moms yang bermanfaat. Bunga pisang atau yang lebih sering disebut sebagai jantung pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kehamilan. Ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dari mengonsumsi jantung pisang.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Yuk, Cek Ragam Manfaatnya!

Meredakan Kram Perut

Saat hamil, janin akan terus membesar dan memberikan tekanan pada otot, sendi, hingga pembuluh darah. Hal tersebut memicu terjadinya kram perut yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, moms bisa mengonsumsi jantung pisang yang kaya akan kandungan kalium. Kalium dapat membantu pelepasan hormon progesteron, ketika hormon progesteron dilepaskan maka darah yang mengalir cukup deras di sekitar rahim dapat berkurang.

Meredakan Kram Perut
baca juga

Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Mual dan muntah sering kali menjadi masalah yang mengganggu di masa awal kehamilan. Untuk mengatasinya moms bisa mengonsumsi jantung pisang. Jantung pisang yang biasanya diolah sebagai keripik atau lauk pendamping nasi ini bisa menjadi hidangan yang mengenyangkan. 

Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Melancarkan Sistem Pencernaan

Konstipasi atau sembelit adalah masalah umum yang dialami oleh ibu hamil. Jantung pisang memiliki Kandungan serat serta sejumlah besar basa, sehingga dapat mengurangi gas dan tingkat keasaman di dalam sistem pencernaan. Jadi dengan mengonsumsi jantung pisang ibu hamil bisa terhindar dari masalah sembelit dan pencernaan lainnya. 

Melancarkan Sistem Pencernaan
baca juga

Mencegah Anemia

Berkat kandungan zat besi yang tinggi, jantung pisang bisa dijadikan asupan untuk mencegah anemia selama kehamilan. Anemia bisa memperburuk kondisi kehamilan, karena jika ibu hamil mengalami anemia maka tidak akan ada cukup oksigen yang dialirkan darah ke seluruh tubuh dan juga janin.

Mencegah Anemia

Meningkatkan Suasana Hati

Saat hamil mood atau suasana hati ibu hamil sering kali menjadi tidak stabil, ibu hamil juga lebih rentan mengalami stres. Jantung pisang yang mengandung vitamin B6 bisa membantu pelepsan hormon serotonin, hormon ini bisa membuat suasana hati menjadi lebih rileks dan bahagia. Jadi ibu hamil yang mengonsumsi jantung pisang bisa terhindar dari risiko stres hingga depresi.  

Meningkatkan Suasana Hati

Melawan Radikal Bebas

Mengandung antioksidan yang tinggi membuat jantung pisang menjadi makanan yang ampuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri jika terakumulasi dalam tubuh bisa mengakibatkan penuaan dini, memicu kanker, serta memicu terjadinya stres oksidatif.

Melawan Radikal Bebas