Memiliki anak memang sebuah anugerah dari Tuhan yang tidak bisa dipaksakan kehadirannya. Tapi mengusahakan kesuburan yang optimal tentu bukanlah hal yang salah. Meskipun sistem reproduksi berada dalam tubuh wanita, tapi penting juga bagi pria untuk memastikan kesuburannya agar proses reproduksi bisa berjalan lancar. Beberapa makanan ini dapat dijadikan jamu bagi para pria untuk meningkatkan kesuburan. 

Jahe

Jahe mengandung senyawa cineole dan arginie, kedua senyawa ini mampu mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria. Selain itu, senyawa cineole dan arginie juga mampu merangsang ereksi, mencegah kemandulan, serta memperkuat daya tahan sperma. Dengan mengonsumsi 2-4 gram serbuk jahe setiap hari dipercaya dapat menjaga kesuburan pria.

Jahe
baca juga

Wortel

Kaya akan kandungan betakaroten dan antioksidan, wortel memiliki kemampuan untuk meningkatkan motilitas atau kemampuan sperma berenang menuju sel telur dari 6,5 persen menjadi 8 persen. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University School of Public Health, yang melibatkan 189 sampel sperma pria dari Rochester, New York.

Wortel

Aneka Jenis Kerang

Beraneka jenis kerang juga bisa dijadikan ramuan untuk meningkatkan kesuburan pria. Kerang-kerangan mengandung unsur seng yang mampu meningkatkan produksi sel sperma. Selain seng, kerang juga mengandung zinc yang dapat mengurangi risiko intertilitas yang bisa dialami pria.

Aneka Jenis Kerang
baca juga

Ikan Salmon

Salmon Mengandung lemak esensial yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada pembuluh darah testis. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma dan kadar hormon testosteron yang ada dalam tubuh pria.

Ikan Salmon

Bayam, Brokoli, dan Mangga

Buah dan sayuran ini merupakan sumber antioksidan yang bisa berfungsi sebagai pelindung bagi sperma yang dihasilkan agar tetap bekerja optimal. Makanan-makanan yang kaya akan antioksidan sangat dianjurkan terutama untuk pria yang memiliki kebiasaan merokok, minum alkohol, atau memiliki pola hidup yang tidak sehat. Antioksidan akan mengurangi efek radikal bebas dari beragam kebiasaan buruk yang dilakukan.

Bayam, Brokoli, dan Mangga

Asparagus dan Jambu Biji

Asparagus dan jambu biji adalah sumber asam folat yang baik untuk meningkatkan jumlah produksi sperma. Dalam sehari, seorang pria dewasa setidaknya harus mengonsumsi 400 gr asam folat untuk mendapatkan kesuburan reproduksi yang optimal.

Asparagus dan Jambu Biji