Memompa ASI 2-3 Jam Sekali

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Moms memompa ASI 2 sampai 3 jam sekali secara teratur. Sebab jika Moms tidak teratur dalam memompa ASI, maka hormon inhibitor dalam tubuh akan muncul bahkan dapat menghambat keluarnya ASI. 

Memompa ASI 2-3 Jam Sekali
source: https://www.ngopibareng.id/

Pompa ASI Ketika Si Kecil Berusia 2 Bulan

Ketika bayi baru saja lahir sebaiknya Moms jangan langsung memompa ASI, tunggulah hingga usia si kecil mencapai dua bulan. Pada dua bulan pertama sebaiknya Moms menyusui si kecil secara langsung. Ini sangat penting lho Moms untuk membangun kontak batin antara ibu dan anak.

Pompa ASI Ketika Si Kecil Berusia 2 Bulan
source: https://www.popmama.com/
baca juga

ASI Pumping Tidak Lebih dari 3 Bulan

ASI hasil pumping sebaiknya tidak dikonsumsi setelah tiga bulan. Karena ASI bisa mengalami penurunanan zat-zat bioaktif dan akan lebih mudah kontaminasi bakteri. Jadi jangan lupa memberikan tanggal pada botol penyimpanan ASI ya, Moms. Agar Moms bisa tahu botol ASI mana yang harus digunakan terlebih dahulu.

ASI Pumping Tidak Lebih dari 3 Bulan
source: http://www.anakku.net/

Gunakan Cup Feeder

Saat memberikan ASI pumping pada bayi, sebaiknya Moms menggunakan cup feeder dari pada menggunkan dot atau empeng. Hal ini bertujuan agar lidah si kecil tetap terangsang untuk bergerak saat meminum ASI dari cup feeder. Jadi saat si kecil menyusu langsung pada Mommies tidak pasif dan kemampuan menghisapnya juga dapat terlatih dengan baik.

Gunakan Cup Feeder
source: https://kumparan.com/
baca juga

Susui Langsung

Ketika Moms berada di rumah, sebaiknya Moms menyusui si kecil secara langsung. Karena frekuensi memompa ASI dengan menyusui secara langsung harusnya sama. Misalnya saja dalam sehari kebutuhan ASI bayi 2000 cc, sedangkan ASI yang dipumping adalah 1000 cc. Jadi sisanya harus diberikan menyusui secara langsung saat ibu berada di rumah. 

Susui Langsung
source: https://review.bukalapak.com/

Nah itu tadi Moms, 5 hal yang harus Moms perhatikan ketika memompa ASI. Bikin aman dan nyaman pastinya. Happy Breastfeeding, Moms!