Berasal dari Kalimantan Tengah

Tanaman bajakah berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kota Palangkaraya. Namun, keberadaan pasti dari hutan tempat ditemukannya tanaman ini masih dirahasiakan, karena pihak yang bersangkutan khawatir akan terjadi eksploitasi terhadap tanaman ini oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Mengenal Bajakah, Tanaman yang Sempat Viral dan Dipercaya Ampuh Sembuhkan Kanker
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRUGVlqkZS1FUs1VuVRC3-W32Uu1I6wC5E3tIKI8KeBQzZeA-l5

Pohon Bajakah

Pohon bajakah memiliki batang yang besar dan sangat kuat. Namun, jika dilihat dari bentuknya secara umum, pohon ini tidak jauh berbeda dengan pohon-pohon lainnya yang ada di hutan. Pohon ini termasuk jenis tumbuhan yang merambat. Tanaman ini tumbuh di lahan gambut yang jarang disinari oleh sinar matahari.

Mengenal Bajakah, Tanaman yang Sempat Viral dan Dipercaya Ampuh Sembuhkan Kanker
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQbt-FH1L55qI-bh4HQ3-2ZqzrTld3DxOfDmhpenvLclXh80sbu
baca juga

Pengolahan Tanaman Bajakah sebagai Obat Kanker

Tanaman ini memang sudah dijadikan obat oleh masyarakat sekitar sebelum dilakukan penelitian. Ramuan tradisional yang dihasilkan oleh akar tanaman bajakah dapat mengobati beragam penyakit, diantaranya penyakit kanker dan tumor. Cara membuat ramuan tanaman bajakah yaitu dengan mengeringkan akar bajakah, lalu akar yang sudah kering dihancurkan hingga jadi bubuk, dan kemudian diseduh dengan air dengan takaran 100gram bubuk dengan 500ml air.

Mengenal Bajakah, Tanaman yang Sempat Viral dan Dipercaya Ampuh Sembuhkan Kanker
source: https://egindo.b-cdn.net/wp-content/uploads/2019/08/Fakta-Unik-Kayu-Bajakah-dari-Kalimantan-IGtokoherbal.pky_.jpg

Penelitian Tanaman Bajakah sebagai Obat Kanker

Penelitian tanaman bajakah sebagai obat kanker ini diawali oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya yang bernama Yazid, Aysa Aurealya Maharani, dan Anggina Rafitri. Ketiga siswa ini melakukan penelitian di laboratorium sekolahnya.

Awal mulanya, Yazid memberitahu kepada rekan-rekannya bahwa tanaman ini sering dijadikan obat oleh keluarganya. Lalu, mereka melakukan uji coba pada dua ekor tikus putih dengan menyuntikan sel kanker dan mereka memberikan obat penawar yang berbeda pada masing-masing tikus. Tikus yang pertama diberikan air bawang dayak dan yang kedua diberikan air campuran bajakah. Terbukti, sel kanker pada tikus yang diberikan air bajakah bisa hilang.

Selanjutnya penelitian ini dibawa ke level yang lebih tinggi yaitu di Universitas Lambung Mangkurat dan selanjutnya hasil penelitian tersebut dibawa ke ajang kompetisi nasional yaitu Youth National Science Fair (YNSF) 2019 hingga ajang international yaitu World Invention Olympic (WICO) di Korea Selatan. 

Mengenal Bajakah, Tanaman yang Sempat Viral dan Dipercaya Ampuh Sembuhkan Kanker
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTSoqsULs_hiK_TiyqLSXf0W5_UQhG3XRY9so1D8k5l09l6x82f

Demikian beberapa informasi mengenai tanaman bajakah untuk membunuh sel kanker. Semoga bermanfaat.