Membuat si kecil doyan makan memang menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh setiap orang tua. Selain harus memberikan menu yang bergizi, orang tua juga harus memikirkan bagaimana rasa serta variasi dari menu makanan untuk anak. Tapi kadang, meski variasi dan rasa makanan sudah dipikirkan secara matang, tak jarang anak masih susah makan, sehingga moms pun harus memikirkan cara lain agar anak menjadi nafsu makan. Dan salah satu hal yang bisa dijadikan solusi yaitu memberi anak jamu agar nafsu makan. Berikut beberapa resep jamu yang bisa dijadikan andalan moms untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Sederhana dan Mudah Dibuat, Ini Resep Jamu yang Manjur Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Jamu Beras Kencur

Sudah terkenal sebagai jamu penambah nafsu makan anak, membuat jamu beras kencur banyak tersedia dalam kemasan instan atau dijual oleh para pedagang jamu. Tapi bagi moms yang ingin menyiapkan sendiri jamu beras kencur untuk anak di rumah, cara membuatnya sangat mudah.

Bahan yang​​​​​​yang perlu disiapkan yaitu:

  • beras
  • kencur
  • asam jawa
Untuk moms hanya perlu merebus semua bahan, kecuali beras. Setelah rebusan mendidih, pisahkan dengan ampasnya lalu masukkan sedikit beras yang sebelumnya sudah direndam dan dihaluskan. Aduk rata campuran jamu, lalu diamkan hingga pati beras mengendap di bawah sebelum jamu diminum.
Jamu Beras Kencur
baca juga

Jamu Temulawak

Temulawak merupakan rempah yang kaya akan kandungan zat kurkumin dan curcuma yang dipercaya ampuh untuk kembalikan nafsu makan anak. 

Untuk jamu temu lawak di rumah, moms perlu menyiapkan:

  • 25 gr temulawak,
  • 10 gr asam jawa, dan
  • gula merah secukupnya.
Untuk membuatnya, pertama cuci bersih temulawak lalu tumbuk kasar. Setelah itu masukkan tumbukan temulawak dengan bahan-bahan lain ke dalam air rebusan sebanyak 600 ml. Rebus hingga air hanya tersisa setengahnya, kemudian saring air rebusan sebelum dikonsumsi.
Jamu Temulawak

Jamu Kunyit dan Madu

Selain temulawak, rempah lain yang mengandung senyawa kurkuminoid adalah kunyit, kurkuminoid berperan untuk menambah nafsu makan anak. Di dalam kunyit juga tersapat zat kurkumin yang mampu mengosongkan lambung lebih cepat sehingga anak merasa lebih lapar.

Cara membuat jamu kunyit dan madu yaitu:

  • ​​​​Kunyit yang telah digeprek direbus hingga mendidih, lalu tutup dan biarkan air tetap mendidih dengan api kecil selama sekitar 10 menit.
  • Setelah itu saring air rebusan kunyit dan tambahkan madu secukupnya sampai rasa jamu disukai si kecil.
Jamu Kunyit dan Madu
baca juga

Jamu Daun Pepaya

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan, daun pepaya yang juga bisa digunakan sebagai jamu penambah nafsu makan anak. Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya berkhasiat untuk menimbulkan rasa ingin makan. Untuk membuat jamu daun pepaya, cukup tumbuk daun pepaya, tambahkan sedikit air, lalu peras daun pepaya hingga sarinya keluar, kemudian saring. Moms bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit dari jamu daun pepaya ini.

Jamu Daun Pepaya

Jamu Jahe dan Lemon

Jahe mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan beragam vitamin. Selain memiliki banyak kandungan bermanfaat, jahe juga bisa dijadikan jamu penambah nafsu makan anak karena sifatnya yang meredakan racun yang menyerang pencernaan. 

Cara membuat jamu jahe dan lemon yaitu: 

  • Tumbuk kasar jahe yang sudah bersih, lalu rebus dengan dua gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya. 
  • Setelah air rebusan jahe dingin, tambahkan perasan lemon, lalu madu untuk menambah rasa manis.
Jamu Jahe dan Lemon

Jamu Lempuyang

Lempuyang merupakan tanaman obat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Lempuyang juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan anak, jamu lempuyang cocok dikonsumsi untuk anak usia 1-3 tahun.

Untuk membuat jamu ini siapkan satu ruas lempuyang. Setelah itu haluskan dan tambahkan air secukupnya. Aduk rata campuran air dan lempuyang, kemudian peras menggunakan kain bersih. Terakhir tambahkan air asam yang sudah diberi gula merah dan sedikit garam. Berikan ramuan ini sebanyak 50 ml kepada anak secara rutin.

Jamu Lempuyang