Kebanyakan dari kita mengenal Purwakarta sebagai kabupaten perbatasan antara Jakarta, Karawang, Subang, Cianjur, dan Bandung. Lokasinya yang strategis menjadikan Purwakarta sebagai titik persinggahan para pelancong. Tak salah, jika tempat ini memiliki banyak kuliner yang siap memanjakan lidah moms dan keluarga.

Dari yang manis hingga asin, warga Purwakarta sukses menciptakan rasa yang mampu menggoyang lidah para pengunjung. Bahkan ada kuliner yang menyajikan beberapa warna dalam 1 mangkuk. Selain itu, yuk cari tahu 6 kuliner nikmat Purwakarta yang berhasil di rangkum Mommyasia.

Yuk, Coba 6 Kuliner Khas Purwakarta yang Buat Lidah Terus Bergoyang!

1. Peyeum Bendul

Kalau moms baru pertama kali mendengar namanya, mungkin agak aneh. Diberi nama peyeum bendul karena makanan ini dijual di sepanjang Jalan Raya Bendul. Tidak tanggung-tanggung, sepanjang 2km Jalan Raya Bendul moms bisa melihat peyeum tergantung.

Jika biasanya peyeum Bandung memiliki tekstur yang cenderung lebih cair, peyeum bendul ini justru lebih padat dan manis. Hal tersebut disebabkan dari cara pembuatannya yang sedikit berbeda. Jika peyeum asal Bandung dibuat selama 2 hari, sedangkan Bendul hanya 1 hari saja.

baca juga

2. Surabi Kedai Koka

Dari banyaknya surabi yang dijajakan di Purwakarta, Kedai Koka yang paling terkenal. Di sini moms dan keluarga bisa mencicipi surabi asin, surabi manis, serta pisang bakar.

2. Surabi Kedai Koka

3. Sate Maranggi Cibungur

Berada tak jauh dari pintu tol Cikampek, sate maranggi cibungur. Sekali moms mencicipi sate ini dijamin ketagihan. Tidak ada bumbu khas, hanya kecap, irisan tomat dan jeruk limau, sate maranggi Hj Yetty siap menggoyang lidah keluarga. Ketika digigit, baik daging sapi, kambing, ataupun ayam sangat empuk dan gurih.

baca juga

4. Soto Sadang

Resto Soto Sadang telah berpuluh-puluh tahun berdiri di Purwakarta. Tempat ini menawarkan berbagai menu yang mengenyangkan. Paling digandrungi pengunjung ialah kuah bening dan kuah santan. 

5. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Berdiri sejak tahun 1982, ayam goreng sajolna menjadi menu murah meriah dan wajib dicoba. Rumah makan ini digoreang setengah kering, cocok disantap dengan sambal dadak yang dibuat dari campuran cabe rawit hijau dan bawang. Moms akan merasakan rasa pedas yang segar yang pas dengan rasa gurih dan rempah dari ayam itu sendiri.

5. Ayam Goreng Kampung Sajolna

6. Mi Pelangi 3 Warna

Mi pelangi 3 warna tidak terletak di pinggir jalan raya seperti kebanyakn tempat makan lain. Jika keluarha ingin menikmati mi unik ini perlu menempuh sekitar 100 meter lagi ke dalam, persisi di sebrang Situ Cikumpay atau 100 meter dari Balai Desa Cikumpay.

Moms takut jika makanan penuh warna ini akan membahayakan si kecil? Eits, justru mereka memanfaatkan pewarna alami seperti wortel, sosin, akar bit, dan buah naga. Warna mie juga terlihat biasa saja dan tikda mencolok. Jadi moms tak usah khawatir ya.