5 Aktivitas Seru Untuk Mengembangkan Kemampuan Bicara Bayi Di Bawah Usia 14 Bulan

Ajak anak berkomunikasi
Moms, di usia yang masih di bawah 14 bulan, bicara anak memang lebih aktif dan mulai menirukan kata-kata yang diucapkan orang lain meskipun belum dapat menirukannya dengan sempurna, atau masih sepenggal kata. Untuk mengembangkan kemampuan bicara anak, sejak ia sudah mampu mendengar dan melihat secara jelas, orang tua harus mulai mengajak anak berinteraksi secara ekspresif dan berikan perhatian pada anak saat ia mengatakan sesuatu. Sering-seringlah mengajaknya berkomunikasi dan sedikit demi sedikit kenalkan kata-kata baru untuk memperkaya kosa katanya moms.
 
Belajar sambil bermain
Masa balita atau anak-anak merupakan masa dimana sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain dan bersenang-senang. Maka dari itu bermain adalah cara paling tepat untuk berinteraksi dengan anak sambil mengajaknya belajar baik itu verbal, motorik, dan lainnya. Karena anak akan lebih tanggap ketika di ajak bermain. Jadi untuk mengembangkan kemampuan bicara anak, sambil bermain moms bisa ajarkan kata-kata baru, bercerita dan bernyanyi bersama, atau  kegiatan verbal lainnya.

5 Aktivitas Seru Untuk Mengembangkan Kemampuan Bicara Bayi Di Bawah Usia 14 Bulan

Ajak anak bersosialisasi
Interaksi dan komunikasi manusia tidak hanya berada di dalam rumah dengan keluarga saja, tetapi juga lingkungan. Dalam hal ini mengajak anak bersosialisasi dengan orang lain di luar rumah juga sangat diperlukan ya moms. Karena untuk perkembangan otak yang optimal, anak perlu bersosialisasi di lingkungan berbahasa yang baik. Untuk anak-anak, ajaklah bersosialisasi dengan anak seusianya juga ya moms, sehingga interaksi mereka diharapkan mampu menjadi stimulus perkembangan kemampuan bicara anak.
 
Tanggapi ocehan anak
Si kecil yang sedang belajar bicara, biasanya akan mengatakan sesuatu dalam bahasanya ketika merespon apa yang ditangkap oleh panca indranya. Sedangkan anak yang masih dibawah 14 bulan, kata-kata yang dikeluarkan belum begitu jelas dan lengkap. Nah saat si kecil mengoceh, jangan ragu untuk menangggapi atau bertanya balik padanya, dan benarkan kata-katanya secara pelan-pelan.
 
Tanggapan positif dari orang tua membuatnya lebih aktif berbicara loh moms. Begitupun sebaliknya, jika ocehan si kecil mendapatkan tanggapan negatif seperti gertakan, diacuhkan, secara tidak langsung akan membuatnya takut atau enggan berbicara lebih banyak. Selain itu, sikap orang tua yang responsif, seperti senantiasa menjelaskan hal-hal atau kata-kata baru yang belum belum dipahami oleh anak, dapat mengembangkan kemampuan verbal anak semakin berkembang.

baca juga
5 Aktivitas Seru Untuk Mengembangkan Kemampuan Bicara Bayi Di Bawah Usia 14 Bulan

Terapi bicara untuk anak
Jika anak sudah mencapai usia 3 tahun masih belum mampu berbicara dengan jelas, atau masih terbata-bata, salah satu langkah yang tepat adalah memberikan terapi wicara untuk anak. Biasanya terapi ini dilakukan dengan bimbingan psikolog yang kemudian bisa dilanjutkan sendiri oleh orang tua.
 
Pada dasarnya tingkat kemampuan dalam menangkap dan merespon informasi berbeda pada masing-masing anak, sehingga ketelatenan dan kesabaran tetap harus dimiliki oleh setiap orang tua.