Beda dengan Shandy Aulia, Tika Bravani memilih renang dan jalan kaki sebagai olahraga rutinnya saat usia kehamilannya memasuki trimester kedua. Bukan tanpa alasan ternyata moms TIka memilih olahraga ini, ia sudah memperoleh persetujuan dari dokter. Berikut cerita Tika Bravani tentang manfaat olahraga yang ia tekuni ini untuk ibu hamil. 

Tika Bravani Pilih Olahraga Renang dan Jalan Kaki Saat Hamil, Apa Manfaatnya?
source: https://www.instagram.com/tikabravani

1. Tika berbagi olahraga yang cocok untuk ibu hamil 

Dalam akun Instagramnya, Tika mengunggah sebuah foto sambil menjelaskan olahraga apa yang sedang ia jalani di usia kehamilan 17 minggu. Menurut dokter kandungannya, Tika tidak disarankan untuk olahraga yoga dan pilates. Karena ibu hamil berpeluang kontraksi ketika selesai melakukan olahraga tersebut. Dokter juga mengungkapkan jika olahraga yang paling aman adalah jalan kaki dan berenang. 

Tika Bravani Pilih Olahraga Renang dan Jalan Kaki Saat Hamil, Apa Manfaatnya?
source: https://www.instagram.com/tikabravani/
“Dokter saya tidak menyarankan yoga dan pilates di usia kandungan 17 minggu. Katanya, 4% bumil ada peluang kontraksi ketika selesai melakukan olahraga tersebut. Kecil sih, tetapi kalau kita jadi bagian 4% itu serem juga. Jadi yang paling aman menurutnya jalan pagi atau renang. Jangan lupa juga harus jemur karena sumber vitamin D saya tidak disarankan dari suplemen atau susu. Udah ya dok, renang dan matahari jam 12 siang. Mantap kan (nggak jam 12 juga kali)” ungkap Tika.
source: https://www.instagram.com/tikabravani/
baca juga

2. Manfaat berenang untuk ibu hamil

Ternyata olahraga renang bukan hanya baik untuk meredakan penyakit asma, tetapi juga punya banyak manfaat untuk ibu hamil. Olahraga ini termasuk aman dan minim risiko karena ketika berenang semua berat tubuh akan ditahan oleh air. Beberapa manfaat positif berenang untuk ibu hamil antara lain:

  • Meningkatkan imunitas tubuh selama kehamilan
  • Mampu memperlancar sirkulasi darah
  • Mengurangi pembengkakan dan retensi cairan
  • Membuat kerja jantung dan paru-paru lebih aktif
  • Mempercepat sirkulasi udara
  • Memperkuat otot rahim dan panggul
  • Bakar kalori agar berat badan tubuh ibu hamil seimbang
Tika Bravani Pilih Olahraga Renang dan Jalan Kaki Saat Hamil, Apa Manfaatnya?
source: https://borncute.com

3. Manfaat jalan kaki sambil berjemur untuk ibu hamil 

Selain olahraga renang, Tika juga menjalani olahraga jalan pagi yang sangat baik untuk ibu hamil. Karena sebagai ibu hamil, moms harusnya lebih banyak gerak namun tidak boleh terlalu kelelahan. Meski terkesan sangat sederhana, jalan kaki punya banyak manfaat positif. 

  • Mengurangi rasa kram, pegal-pegal, dan susah tidur. 
  • Mencegah potensi diabetes pada ibu hamil. 
  • Membantu memperkuat otot panggul yang nantinya sangat berguna selama proses persalinan. 
  • Mengurangi risiko preeklampsia yang sering menjadi komplikasi selama kehamilan sehingga tidak berpotensi membahayakan kandungan. 
  • Menjadikan tubuh lebih sehat jika dilakukan secara konsisten. 
Tika Bravani Pilih Olahraga Renang dan Jalan Kaki Saat Hamil, Apa Manfaatnya?
source: http://thenaturalparentmagazine.com

Nah, itu tadi beberapa olahraga ringan yang rutin dijalani TIka Bravani di usia kehamilan 17 minggu. Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda. Jika moms tertarik untuk mencoba olahraga ala Tika ini etap konsultasikan dengan dokter lebih dulu ya!