Manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya

Selain mengandung banyak vitamin dan serat, iika kita rajin mengonsumsi buah dan sayur segar beraneka warna baik juga untuk Moms yang sedang menjalani program diet, lho.

Dilansir dari Haibunda, menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, MSc., RD, diet yang disarankan adalah diet gizi seimbang dengan mengonsumsi makanan yang beragam (eat the rainbow). Semakin berwarna makanan yang ada dalam piring, semakin lengkap pula kandungan gizi yang dapat diperoleh.

Diet Gizi Seimbang dengan Buah dan Sayur, Ini Manfaatnya Berdasarkan Warna
source: https://palembang.tribunnews.com/amp/2016/02/22/penasaran-warna-aroma-dan-rasa-pada-buah-sayuran-bisa-berbeda-beda-ini-dia-jawabannya

"Buah dan sayur terbagi dalam lima kategori warna, yaitu: merah, ungu atau biru, oranye atau kuning, hijau, dan putih atau cokelat. Setiap warna memiliki kandungan unik bernama phytochemical yang dapat melawan penyakit tertentu," ujar Jansen.

Nah, untuk mengetahui khasiat buah dan sayur berdasarkan warnanya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Merah

Buah dan sayuran berwana merah seperti semangka, kol merah, ceri, tomat, stroberi, rasberi sangat cantik ya, Moms. Warna cantik ini diakibatkan oleh sebuah zat bernama likopen, yang berperan dalam menjaga kesehatan prostat dan juga kelenjar payudara. Buah dan sayur dengan warna merah kaya dengan flavanoid, resveratrol, dan vitamin C. Tak hanya itu, buah dan sayur berwarna merah kaya akan antioksidan yang juga berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati lho, Moms.

Diet Gizi Seimbang dengan Buah dan Sayur, Ini Manfaatnya Berdasarkan Warna
source: https://wartakota.tribunnews.com/amp/2018/08/29/4-manfaat-kesehatan-mengonsumsi-buah-dan-sayuran-berwarna-merah

2. Biru atau ungu

Yang termasuk diantara buah dan sayur berwarna ungu adalah bluberi, anggur, plum, delima, terong. Warna biru atau ungu pada buah dan sayur tersebut didapat dari pigmen antosianin. Semakin gelap warnanya, semakin banyak kandungannya. Pigmen tersebut memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan asam ellgaic juga diperkirakan dapat menghancurkan sel kanker. Untuk Moms yang suka lupa ingatan perbanyak makan buah-buahan ungu ya karena zatnya juga bisa menjaga kesehatan memori.

baca juga

3. Hijau

Warna hijau adalah warna yang paling banyak ditemukan dalam sayuran, seperti bayam, kangkung, selada, timun. Sedangkan pada buah seperti apel hijau, kiwi dan melon. Warna hijau pada sayuran adalah hasil kerja klorofil, yang juga berguna banyak bagi manusia. Diantaranya membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

Selain itu, klorofil mempercepat proses penyembuhan pada luka dan melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Kandungan lain yang biasanya ada dalam sayuran dan buah hijau adalah saponin, indoles, dan karotenoid yang membantu mencegah kanker. Wah, beragam sekali manfaatnya ya, Moms!

Diet Gizi Seimbang dengan Buah dan Sayur, Ini Manfaatnya Berdasarkan Warna
source: https://lifestyle.okezone.com/amp/2018/09/17/481/1951513/mengungkap-fakta-dari-sayur-dan-buah-berwarna-hijau

4. Kuning atau oranye

Zat karotenoid atau yang biasa kita sebut beta karoten memberikan warna cerah pada buah dan sayur. Karotenoid banyak terkandung pada ubi jalar, labu, jeruk dan wortel. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang membantu menjaga kesehatan membran mukosa lambung dan kesehatan mata.

Selain vitamin A, buah dan sayur warna ini mengandung vitamin B kompleks yang disebut folat. Ia membantu mencegah cacat janin pada ibu mengandung. Wah, amazing ya manfaat buah dan sayur ini, Moms!

5. Putih dan cokelat

Buah dan sayuran yang berwarna putih diantaranya, sirsak, duku, leci, kelengkeng, toge, bawang putih, kol, sawi putih, jamur putih, rebung, lobak, dan kedelai mengandung zat allicin dan indoles yang menurunkan risiko darah tinggi dan kolesterol.
           
Buah dan sayuran ini tinggi kandungan seratnya lho, Moms. Sehingga dapat mencegah sembelit. Bahkan kedelai mengandung isoflavon yang akan menjaga kesehatan tulang kita serta mencegah kanker dan penyakit jantung.

Diet Gizi Seimbang dengan Buah dan Sayur, Ini Manfaatnya Berdasarkan Warna
source: https://today.line.me/id/article/Beda+Warna+Sayur+Buah+Juga+Beda+Lho+Kandungan+Gizinya-eJgP1D

Siapa sangka bawang putih dan bawang bombay yang tidak hanya membuat masakan lebih enak, tapi juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 

Jadi, sudahkah Moms makan buah dan sayur hari ini?