Mengenal 5 Bahasa Cinta Ibu Untuk Anak, Sederhana Tapi Sempurna

Ungkapan Pujian

Ahli psikologi di Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo, memaparkan lima bahasa cinta atau cara-cara untuk mengekspresikan perasaan pada orang yang terkasih. Salah satunya melalui pujian, Bona mengungkapakan jika cinta itu harus diungkapkan, termasuk lewat kata-kata.

Ungkapan pujian seperti “Mama bangga adik bermain baik dalam pertandingan tadi” adalah contoh bahasa cinta pada anak yang bisa moms wujudkan dalam kegiatan sehari-hari. Saat si Kecil sedang bersedih, moms juga bisa membangun kembali kepercayaan dirinya dengan mengucapkan alasan-alasan yang membuat moms bangga padanya.

Quality Time

Menyempatkan waktu untuk beraktivitas bersama anak juga merupakan bahasa cinta yang mungkin jarang diketahui orang tua. Memberikan sedikit waktu moms untuk anak seperti saat makan malam, bermain bersama atau melibatkannya dalam aktivitas sehari-hari akan memberikan kesan kepada anak bahwa dirinya menjadi bagian dari orang tuanya. Jadi quality time disini bukan harus jalan-jalan ke tempat yang mahal ya moms.

Mengenal 5 Bahasa Cinta Ibu Untuk Anak, Sederhana Tapi Sempurna

Sentuhan Fisik 

Peluk dan cium adalah cara lain untuk mengungkapkan rasa sayang moms pada anak. Bahkan Bona menekankan bahwa pelukan sangat penting untuk anak-anak karena dengan pelukan si kecil akan merasa dicintai. 

Pelukan atau belaian juga bisa moms berikan setelah moms memberikan hukuman, hal ini sebagai bentuk ungkapan bahwa moms bena-benar sudah memaafkan kesalahannya. Selain itu beri penjelasan bahwa hukuman yang diberikan adalah untuk kebaikan sendirinya. Pelukan dapat diberikan pada anak minimal delapan kali sehari. Oh ya moms saat memeluk anak kecil, usahan untuk melepas pelukan setelah anak melepasnya, hal ini untuk melatih kedekatan emosional dari dini.

Memberi Bantuan

Lakukan hal-hal yang membuat anak merasa dihargai, jadilah yang selalu ada untuk memberi bantuan. Sebagai contoh temani dan bantu si kecil pada saat sedang mengerjakan PR atau membaca buku kesukaannya.

Mengajarkan anak mandiri memang baik ya moms tapi dengan membantu si kecil moms juga mengajarkan untuk mengasihi orang lain. Selain itu dengan memberikan bantuan anak akan memahami bahwa orang tuanya selalu ada untuknya.

baca juga
Mengenal 5 Bahasa Cinta Ibu Untuk Anak, Sederhana Tapi Sempurna

Hadiah

Berikan hadiah untuk orang terdekat sesuai dengan apa yang disukai adalah cara sederhana untuk menunjukan bahwa moms menyayanginya. Begitu pula pada anak, memberinya hadiah-hadiah kecil yang tidak perlu mahal seperti permen atau snack di saat-saat yang tepat akan memberikan kesan istimewa pada anak.

Begitulah beberapa bahasa cinta pada anak, dengan menunjukan rasa cinta yang tepat maka si kecil lebih memahami rasa cinta yang diberikan orang tuanya. Dan dengan begitu keterikatan kasih sayang anak dan orangtua dapat terjalin.