Gemas Lihat Anak Ikut Ibadah? Ini Tips Mengajari Balita Shalat

Tips Mengajarkan Gerakan Shalat

Dalam shalat terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan, karena itu penting untuk mencontohkan shalat pada anak. Berilah teladan yang baik saat moms melakukan shalat. Anak balita cenderung peniru dan ketika si kecil melihat maka otomatis akan meniru.

Ketika moms melaksanakan shalat berjamaah bersama pasangan, maka ajaklah anak shalat berjamaah. Lalu secara bertahap ajarkanlah dan tunjukan kepadanya bagaimana caranya melakukan gerakan shalat yang benar.

Saat moms berhalangan shalat, mom bisa membetulkan gerakan si kecil saat shalat berjamaah dengan ayah atau saudara lainnya. Yang terpenting adalah lakukanlah terus menerus dan hindari memaksa anak untuk belajar apalagi bila masih balita, karena dasar ibadah itu dari hati jangan sampai anak terpaksa dalam melakukannya.

Menempelkan gambar peraga shalat jika bisa dilakukan di rumah untuk membuat anak lebih semngat belajar. Selain itu, sering ajak anak ke masjid agar terbiasa melihat orang lain shalat juga baik karena dengan begitu maka si kecil akan lebih ingat, kemudian terbiasa dan menjadi bisa. 

Gemas Lihat Anak Ikut Ibadah? Ini Tips Mengajari Balita Shalat

Tips Mengajarkan Bacaan Shalat

Anak balita pada umumnya belum pandai membaca, karena itu untuk melatih bacaan shalat adalah dengan sering memperdengarkannya. Dan karena bacaannya cukup panjang maka moms harus mengajarkanya setahap-setahap sampai anak menguasai dan tidak merasa bosan. Latunkan bacaan shalat baik keadaan santai atau saat anak bermain tujuannya agar anak tidak merasa asing dengan bacaan shalat.

Selanjutnya bila anak sudah mulai menguasai bacaan moms bisa mengontrol bacaan shalat dan bila ada kesalahan usahkan untuk mengulang bacaan shalat dengan benar. Meminta anak menghafal tidak perlu waktu khusus ya moms bisa saat bermain atau sebelum shalat. Disini yang terpenting adalah bisa mengulang setiap saat dan dimanapun. Oh ya moms sambil mengajarkan bacaan shalat penting juga untuk memberitahukan artinya agar anak mulai memahami makna shalat dari dini.

baca juga
Gemas Lihat Anak Ikut Ibadah? Ini Tips Mengajari Balita Shalat

Untuk memotivasi hafalan, moms bisa berikan hadiah pada anak juga lho, tidak selalu barang yang mahal ya bisa juga dengan pujian atau sedekar beri permen maupun es krim. Dan setelah anak hafal bacaan shalat dengan baik, baru kemudian gabungkanlah bersama dengan gerakan shalat agar anak terbiasa.

Seperti itulah tadi tips-tips mengenai cara mengajarkan anak balita belajar shalat ya moms. Karena gerakan dan bacaan shalat cukup banyak maka moms harus ekstra sabar dalam mengajarkannya ya. Dengan begitu anak akan semangat dan inshaAllah kelak jadi putra-putri yang sholeh dan sholeha.