Minyak oregano merupakan minyak yang diekstrak dari ramuan oregano yang berasal dari daunnya. Daun oregano sendiri sering dijadikan bahan pelengkap masakan dan menjadi sumber antiokasidan. Minyak oregano pun digunakan sebagai antibiotik alami untuk mengatasi berbagai penyakit serta bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat minyak oregano untuk kesehatan yakni bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena minyak oregano mampu meningkatkan sekresi cairan pencernaan. Selain itu, minyak ini bisa menurunkan kadar kolesterol karena minyak oregano mengandung carvacrol.

Melancarkan Pencernaan
baca juga

Mengatasi Infeksi Pernapasan

Saluran pernapasan sewaktu-waktu bisa terserang bakteri dan menyebabkan infeksi pernapasan. Moms pun akan terserang batuk. Masalah batuk bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak oregano. Tak hanya batuk, minyak oregano berguna bagi penderita sinus dan brokitis.

Mengatasi Infeksi Pernapasan

Mencegah Kanker

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan carvacrol pada minyak oregano memiliki manfaat lain diantaranya dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker otak.

Mencegah Kanker
baca juga

Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Minyak oregano mengandung emmenagogue sebagai ramuan yang bisa melancarkan aliran darah di sekitar panggul dan rahim, sehingga minyak oregano berguna untuk merangsang menstruasi yang tak kunjung datang sesuai dengan jadwalnya. Tak hanya mengatasi siklus menstruasi yang tak teratur, minyak oregan juga bisa meredakan nyeri menstruasi, moms.

Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Mengatasi Penuaan

Radikal bebas dan oksidasi bisa menjadi penyebab penuaan dini, sehingga muncul banyak kerutan dan wajah jauh lebih tua dari umurnya. Mencegah atau mengatasi penuaan bisa dengan menggunakan minyak oregano yang mengandung antioksidan tinggi. Kerutan di kulit pun akan memudar. Moms cukup aplikasikan minyak oregano pada kulit, ya.

Mengatasi Penuaan

Bahan Alami Diet

Moms bisa menggunakan minyak oregano sebagai bahan alami untuk diet karena pada minyak ini mengandung carvacrol. Kandungan carvacrol bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dan melancarkan pencernaan.  

Bahan Alami Diet

Antijamur

Minyak oregano bermanfaat mengatasi masalah kulit lainnya seperti eksim, kandidiasis, dan psoriasis. Hal tersebut dikarenakan minyak oregano bersifat antijamur. Sehingga jika mengalami jamur kuku, panu pada kulit, dan kutu air, bisa diobati dengan cara mengolesi bagian tubuh yang berjamur dengan minyak oregano.

Antijamur

Anti-alergi

Selain antijamur, minyak oregano bermanfaat sebagai anti-alergi. Beberapa alergi tubuh seperti ruam merah, bengkak, batuk maupun bersin bisa diobati dengan minyak oregano. Sistem kekebalan tubuh pun akan terjaga dengan mengonsumsi minyak oregano.  

Anti-alergi