Memiliki tekstur yang empuk dan cocok untuk dijadikan beragam olahan, membuat terong menjadi salah satu sayur kegemaran, tak terkecuali bagi ibu hamil. Berbeda dengan terong sayur, terong yang satu ini termasuk dalam jenis buah-buahan dengan rasa manis asam yang jadi favorit banyak orang.

Terong Belanda Kaya akan beragam kandungan seperti protein, serat, vitamin A, C, E, kalsium, magnesium, antioksidan, dan zat besi, membuat terong belanda memiliki segudang manfaat. Termasuk untuk ibu hamil ini.

Rasanya Asam Manis, Ini 7 Manfaat Mengejutkan Terong Belanda Untuk Ibu Hamil

Mencegah Sembelit

Terong belanda tinggi akan serat sehingga mampu menjadi makanan yang ampuh lancarkan pencernaan, termasuk untuk ibu hamil. Ibu hamil yang rentan mengalami sembelit bisa mengonsumsi terong belanda yang diolah menjadi jus yang segar. 

Mencegah Sembelit
baca juga

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dipenuhi dengan kandungan vitamin C membuat terong belanda menjadi buah yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh ibu hamil memang berubah dan cenderung mengalami penurunan karena keberadaan janin di dalam kandungannya. Untuk itu diperlukan booster agar kesehatannya tetap terjaga. Terong belanda adalah buah yang tepat.  

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, membuat terong belanda menjadi buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin A akan menjaga kesehatan mata ibu hamil. Vitamin A memang menjadi asupan yang dianjurkan untuk ibu hamil, karena selain bermanfaat bagi ibu, vitamin A juga bisa membuat mata janin tumbuh dengan optimal.

Menjaga Kesehatan Mata
baca juga

Menangkal Radikal Bebas

Terong belanda mengandung antosianis, yaitu golongan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas. Terhindarnya tubuh ibu hamil dari paparan radikal bebas akan berdampak pada kesehatan kulit ibu dan janin. Selain itu, antioksidan juga bisa menjaga ibu dari stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Menangkal Radikal Bebas

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Sejumlah vitamin dalam terong belanda seperti vitamin A, dan E, mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan sel darah merah janin. Selain itu, zat besi yang ada dalam terong belanda juga akan membantu pembentukan janin menjadi lebih optimal serta mengurangi segala jenis risiko cacat lahir.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Mencegah Anemia

Kandungan di dalam terong belanda berfungsi untuk mencegah anemia selama kehamilan adalah zat besi. Zat besi bermanfaat untuk menjaga kestabilan jumlah sel darah merah yang berperan untuk mengalirkan oksigen di dalam tubuh. Terpenuhinya kandungan zat besi di dalam tubuh ibu hamil akan mengurangi rasa lelah, lemah, dan pusing yang disebabkan oleh anemia. 

Mencegah Anemia

Mempercantik Kulit dan Rambut

Kaya akan kandungan beragam vitamin yaitu A, C, dan E membuat terong belanda menjadi asupan yang mampu membuat kulit dan rambut semakin bersinar. Selain itu, di dalam terong belanda juga terdapat zat antioksidan yang bisa bertindak sebagai penangkal radikal bebas penyebab kulit keriput, bernoda, dan berjerawat. Antioksidan di dalam terong juga berperan dalam hal mencegah penuaan dini. 

Mempercantik Kulit dan Rambut