Posisi Bayi Dalam Kandungan


Sejak memasuki bulan keempat kehamilan, kamu akan merasakan banyak gerakan dari bayi dalam kandungan. Terkadang kamu akan merasakan bayi menendang, menggerakan bagian tubuhnya, atau bahkan berputar-putar. Pada kehamilan trimester kedua ini, posisi bayi memang akan terus berubah sesuai dengan keaktifan bayi. Berbeda saat kamu sudah mulai memasuki minggu-minggu persalinan. Saat akan mendekati masa lahiran, posisi bayi sangatlah penting untuk menentukan proses kelahiran yang akan dilakukan oleh bidan atau dokter.

 

source: http://www.fratz.at/


 

Macam-Macam Posisi Bayi Saat Mendekati Masa Persalinan


Nah, berikut ini adalah macam-macam posisi bayi yang harus kamu ketahui saat akan memasuki masa persalinan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui metode kelahiran seperti apa yang akan kamu jalani.

 

source: https://fineartamerica.com/


 

baca juga

Posisi Kepala Di Bawah

Posisi yang pertama harus kamu tahu adalah posisi yang paling umum terjadi pada kehamilan normal, yaitu posisi kepala di bawah. Pada posisi ini, bayi akan lahir dengan cara normal karena posisi kepala sudah menghadap pada jalan lahir. Pastikan bayi sudah mulai bergerak menuju posisi ini saat memasuki usia kehamilan sembilan bulan. Sebab, jika posisi ini terjadi pada kehamilan di bulan kedelapan bayi akan mengalami kekurangan ruang pada rahim.
 

source: https://pregnancy.thefuntimesguide.com/


 


Posisi Posterior

Nah, meskipun sudah memiliki posisi kepala di bawah, kamu juga perlu mengetahui posisi menghadap bayi. Normalnya, bayi menghadap ke arah tulang punggung agar proses jalan lahir lebih lancar. Namun, ada kondisi di mana bayi menghadap ke perut ibu. Posisi ini disebut sebagai posisi posterior. Posisi ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung.
 

source: https://pregnancy.thefuntimesguide.com/


 

baca juga


Posisi Melintang

Selanjutnya, posisi bayi yang dapat kamu temui selanjutnya adalah posisi melintang. Posisi ini adalah saat kepala dan kaki bayi terdapat pada sisi kanan dan kiri perut ibu. Jika bayimu berada pada posisi ini, biasanya prosedur persalinan yang akan dilakukan adalah operasi caesar. Akan tetapi, jika masih dapat diupayakan, tim media akan memberikan solusi terbaik bagaimana proses persalinan untuk bayimu.
 

source: https://pregnancy.thefuntimesguide.com/


 


Posisi Sungsang

Terakhir, terdapat pula posisi di mana kepala bayi terdapat di atas dan kaki di bawah. Kejadian seperti ini bukanlah hal yang baru, tetapi posisi ini memang akan sedikit menyulitkan proses persalinan normal. Karena itu, biasanya bayi dengan posisi sungsang akan dilahirkan dengan melalui operasi caesar. 

 

source: http://www.mothersofchange.com/