Saat hamil, kekhawatiran moms dalam mengonsumsi ragam makanan akan bertambah. Moms pasti akan lebih sering ragu dan bertanya apakah makanan ini atau itu aman untuk dikonsumsi. Salah satu jenis makanan yang banyak menimbulkan keraguan untuk dimakan saat hamil adalah berbagai jenis ikan, termasuk ikan lele. Keraguan moms tentang keamanan makan ikan lele ketika hamil terlihat cukup mendasar, mengingat kebiasaan ikan lele yang bisa hidup di beragam habitat, bahkan di habitat yang terlihat tercemar sekalipun. Tapi benarkah ikan lele merupakan makanan yang tidak aman dikonsumsi selama hamil?

Amankah Ibu Hamil Makan Ikan Lele? Ini Fakta yang Harus Moms Ketahui

Kandungan Ikan Lele

Sebenarnya lele merupakan salah satu jenis ikan terjangkau yang baik untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk bagi ibu hamil. Dalam setiap 3 ons lele terkandung lemak, protein, vitamin B12, dan fosfor. Lele juga mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, yaitu 0,22-0,3 gram per tiga ons daging lele. Banyaknya kandungan omega 3 dalam ikan lele ini setara dengan yang terkandung dalam ikan cod, tuna, dan udang.

Kandungan Ikan Lele
baca juga

Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Melihat berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan lele, harusnya moms sudah tak ragu lagi jika ingin mengonsumsi lele saat hamil. Selain enak, mudah didapat, dan dibandrol dengan harga terjangkau, mengonsumsi ikan lele selama masa kehamilan akan memberikan beragam manfaat.

Asam lemak omega 3 yang tinggi dalam ikan lele berperan penting dalam tumbuh kembang sistem syaraf, fungsi penglihatan, serta kognitif janin. Selain itu, protein dalam lele juga bermanfaat dalam menyusun fungsi sel-sel janin yang tengah berkembang. Dan terakhir, vitamin B12 yang terkandung dalam lele bisa menghindarkan ibu melahirkan bayi dengan cacat tabung syaraf.

Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengonsumsi Lele Selama Hamil

Meskipun aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, moms juga harus memilah ikan lele seperti apa yang akan dikonsumsi. Pastikan ibu hamil memperhatikan tiga hal ini sebelum mengonsumsi ikan lele.

baca juga

Habitat Hidup Ikan Lele

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ikan lele pada saat hamil, terlebih dulu moms harus memperhatikan keamanan ikan lele yang akan dimakan. Ikan lele hasil peternakan cenderung lebih aman dikonsumsi karena pakan serta lingkungan hidupnya terkontrol. Sebaiknya demi keamanan ibu hamil dan janin, hindari konsumsi ikan lele liar. Selain lingkungan hidupnya tidak terkontrol, ikan lele liar berisiko terpapar cemaran sungai seperti logam berat atau senyawa berbahaya lainnya.

Habitat Hidup Ikan Lele

Cara Mengolah

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi ikan lele saat hamil adalah cara mengolah. Pastikan untuk mengolah ikan lele sampai benar-benar matang agar bakteri listeria yang kemungkinan ada pada ikan lele mati. Cara terbaik dalam memasak ikan lele untuk meminimalisir kadar kolesterol di dalamnya adalah dengan dipanggang atau bakar. Dan daging lele yang sudah matang akan berwarna putih.

Cara Mengolah

Kondisi Ikan

Terakhir yang harus moms perhatikan sebelum menjadikan lele sebagai olahan untuk ibu hamil adalah keadaan ikan lele sebelum dimasak. Pastikan untuk membeli ikan lele yang masih dalam keadaan segar. Akan lebih baik jika ikan lele yang dibeli masih dalam keadaan hidup dan baru dimatikan saat akan diolah.

Kondisi Ikan