Selain enak karena memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih atau manis, makan gorengan juga terasa sangat mengasyikkan. Ketika sudah memakan satu atau dua buah gorengan, mulut rasanya tidak ingin berhenti mengunyah. Akibatnya, gorengan jadi dikonsumsi secara berlebihan. Moms yang memiliki kebiasaan ngemil gorengan ini sebaiknya segera berhenti, apalagi jika moms dalam keadaan hamil. Ibu hamil memiliki risiko kesehatan sendiri jika mengonsumsi gorengan dalam porsi yang berlebihan.

Hati-hati Moms! Ini Bahaya Makan Gorengan Berlebihan Saat Hamil

Bahaya Berlebihan Makan Gorengan Saat Hamil

Saat hamil, moms memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat. Selain demi kesehatan ibu hamil itu sendiri, makanan sehat yang dikonsumsi ibu hamil juga akan memberi dampak positif pada tumbuh kembang janin. Tapi, kebiasaan makan makanan cepat saji seperti gorengan tampaknya sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Apalagi bagi ibu hamil yang mudah merasa lapar, gorengan akan terlihat sangat menggiurkan. Tapi hati-hati, berlebihan dalam konsumsi gorengan selama hamil ternyata berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

Bahaya Berlebihan Makan Gorengan Saat Hamil
baca juga

Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah diabetes yang muncul pada masa kehamilan dan hanya berlangsung hingga terjadi proses melahirkan. Penyakit ini berisiko terjadi pada ibu hamil yang memakan gorengan secara berlebih karena proses menggoreng menciptakan senyawa inflamasi yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Bisa Menyebabkan Malnutrisi Ibu Hamil

Kandungan nutrisi makanan yang dimasak dengan cara digoreng akan banyak berkurang. Hal tersebut karena makanan secara langsung terkena panas sehingga terjadi perpecahan rantai protein, lemak, dan zat gizi lainnya. Ibu hamil yang berlebihan makan gorengan tanpa mengasup makanan lain tentu akan berisiko mengalami kekurangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. 

Bisa Menyebabkan Malnutrisi Ibu Hamil
baca juga

Berisiko Menimbulkan Batuk dan Gatal Tenggorokan

Makan gorengan secara berlebihan, apalagi gorengan yang dimasak dalam minyak yang telah digunakan berulang bisa mengakibatkan batuk serta gatal pada tenggorokan. Batuk dan gatal tenggorokan tentu saja akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Berisiko Menimbulkan Batuk dan Gatal Tenggorokan

Memperparah Gangguan-gangguan Kehamilan

Saat hamil tubuh akan menjadi lebih sensitif dan peka terhadap makanan. Sementara gorengan yang memiliki kandungan minyak yang tinggi bisa meningkatkan kepekaan dan sensitivitas ibu hamil, sehingga dapat terjadi peningkatan asam lambung dan memperparah gangguan kehamilan seperti morning sickness atau mual muntah.

Memperparah Gangguan-gangguan Kehamilan

Mengganggu Hormonal Ibu Hamil

Saat kehamilan masih berusia muda, moms akan sangat mudah terguncang secara hormonal. Dan makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa memicu hormon menjadi semakin tidak stabil. Jadi sebaiknya moms memang harus menghidari gorengan selama masa kehamilan.

Mengganggu Hormonal Ibu Hamil