Munculnya kerutan menjadi tanda bahwa kolagen pada kulit rusak atau berkurang. Maka dari itu moms perlu menambah kolagen. Selain dengan suntik kolagen, cara alaminya yakni dengan mengonsumsi asupan bergizi yang akan menambah kolagen dan membantu menghilangkan kerutan di kulit.

Kedelai

Kedelai atau produk yang diolah dari kedelai seperti susu mengandung hormone genistein yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Selain hormone genistein, kedelai memiliki kandungan protein dan lisin yang tinggi sehingga produksi kolagen makin bertambah, kulit jauh lebih kencang.

Kedelai
baca juga

Kacang-Kacangan

Protein sangat dibutuhkan tubuh karena menjadi sumber untuk menambah kolagen. Sumber protein yang tinggi terdapat pada asupan jenis kacang-kacangan. Moms bisa sering mengonsumsi kacang mete dan kacang tanah. Di dalam kacang-kacangan juga mengandung vitamin E dan asam hialuronat yang bermanfaat menghambat penuaan, menjaga kelembaban kulit, meningkatkan kolagen, dan merangsang sel kulit yang sehat.

Kacang-Kacangan

Kaldu Tulang

Gelatin yang terkandung di dalam kaldu tulang akan melancarkan saluran pencernaan karena mudah dicerna sehingga terhindar dari penuaan dini dan mengurangi risiko terkena inflamansi. Kaldu tulang yang bisa moms konsumsi yakni kaldu tulang ayam maupun sapi. Rebuslah tulang ayam atau sapi dalam waktu yang lama hingga kaldu mengental untuk mendapatkan ekstrak mineral dan kolagen yang banyak. Selain baik untuk kesehatan kulit, kaldu tulang dapat menyehatkan rambut, kuku, tulang, dan sendi.

Kaldu Tulang
baca juga

Ikan

Pilihlah ikan yang mengandung asam omega-3 tinggi seperti tuna dan salmon. Dengan mengonsumsi ikan, selaput lemak yang melindungi kulit agar lebih kencang pun akan tetap terikat dan terjaga. Hal tersebut membuat kulit tetap kencang dan elastis.

Ikan

Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau gelap antara lain bayam, kubis, brokoli, dan kale mengandung antioksidan yang tinggi, dan kandungan vitamin A dan C. Sayuran hijau gelap akan membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga sayuran hijau gelap baik dikonsumsi setiap hari. Kulit pun akan jauh lebih elastis, kulit akan terhidrasi dan terbebas dari keriput. Pastikan sayuran hijau gelap dikonsumsi dalam tingkat kematangan sedang alias jangan terlalu matang, moms.

Sayuran Hijau Gelap

White Tea

White tea memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, salah satunya ialah mencegah penuaan dan melindungi protein kulit khususnya kolagen. White tea dikonsumsi sebagai minuman anti-aging karena mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin E, kulit pun akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

White Tea

Alpukat

Jika kulit sudah mulai muncul kerutan, sebaiknya perbanyak mengonsumsi alpukat yang menjadi sumber asupan untuk menambah kolagen. Penuaan dini juga disebabkan karena radikan bebas. Alpukat mengandung vitamin E dan omega-3 yang akan melindungi tubuh serta kulit dari radikal bebas.

Alpukat

Bawang Putih

Bawang putih juga salah satu asupan yang bisa menambah kolagen dan mengurangi kerutan. Ultra serat kolagen yang rusak akan diperbaiki dengan mengonsumsi bawang putih yang mengandung asam lipoat dan taurine. Sulfur alaminya akan memproduksi kolagen. Masalah kulit lainnya seperti jerawat juga bisa diatasi dengan bawang putih.  

Bawang Putih