Makanan pedas memang sangat menggugah selera dan membuat moms makin tergiur untuk memakannya. Namun, terkadang perut tidak bersahabat alias tidak bisa menerima dengan mudah makanan pedas sehingga bereaksi dengan menimbulkan rasa perih atau panas pada perut hingga menyebabkan mulas. Hal tersebut membuat kita menahan diri untuk tidak memakan makanan pedas. Tapi moms jangan khawatir, di bawah ini adalah berbagai cara mudah mengatasi perut sakit akibat makan pedas.

Berbaring

Perut yang sakit akibat makan pedas tentu akan menghambat aktivitas dan membuat tidak nyaman. Maka dari itu, saat perut sedang sakit, baringkanlah tubuh dengan posisi terlentang dan tempatkan bantal tepat di bawah kepala sehingga posisi kepala lebih tinggi 15-20 cm dari posisi kaki. Lakukan hal tersebut hingga rasa sakit di perut hilang dan perut terasa normal kembali.

Berbaring
baca juga

Kompres dengan Air Hangat

Cara sederhana ini memang tidak akan meredakan sakit perut secara langsung. Namun, hal tersebut mampu merenggangkan otot-otot perut ataupun saluran pencernaan. Paling tidak dengan cara ini, rasa sakit pada perut dapat teralihkan dengan rasa hangat dari air kompresan. Moms bisa melakukannya pada saat berbaring, lho.

Kompres dengan Air Hangat

Teh Peppermint

Teh peppermint bisa moms andalkan untuk meredakan perut yang panas akibat makan pedas. Teh peppermint mengandung zat anti nyeri sehingga panas pada perut akan mereda. Moms bisa meminum teh peppermint yang masih dalam keadaan hangat. Jika perut mengalami mulas yang berkepanjangan setelah makan pedas, moms bisa langsung minum teh ini. Teh peppermint juga bisa meredakan mual, kram perut, kembung dan asam lambung.

Teh Peppermint
baca juga

Susu

Rasa pedas di dalam mulut bisa cepat reda jika langsung meminum susu. Susu akan menetralkan asam dari makanan pedas sehingga perut tidak terasa sakit. Susu yang mengandung lemak akan melarutkan capsaicin. Capsaicin sendiri adalah penyebab perut sakit setelah makan pedas. Tak hanya susu, makanan yang mengandung lemak dan dapat melarutkan capsaicin yakni yogurt dan selai kacang.

Susu

Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi dehidrasi, mengatasi diare, infeksi saluran pencernaan, dan masih banyak lagi. sehingga air kelapa sangat cocok dikonsumsi siapapun yang sedang mengalami sakit perut karena makanan pedas, terlebih makanan pedas yang dimakan menyebabkan diare tiada henti.

Air Kelapa

Buah dan Sayur

Selain susu dan yogurt, buah dan sayur berkhasiat melarutkan zat capsaicin di dalam perut yang menyebabkan perut sakit. Buah dan sayur bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati perut sakit karena pedasnya cabai. Jika perut sakit karena makan pedas, dianjurkan untuk memakan buah dan sayur ya, moms.

Buah dan Sayur

Campuran Lemon dan Madu

Pedas di dalam mulut juga mengganggu dan membuat moms tidak tahan. Moms bisa lho langsung mengonsumsi minuman dari campuran lemon dan madu yang bisa menghilangkan pedas di mulut. Gula alami pada madu bisa menyerap capsaicin, dan lemon akan menetralisir capsaicin, sehingga sakit perut pun akan mereda. Namun, minuman ini tidak dianjurkan dikonsumsi penderita penyakit lambung, ya.

Campuran Lemon dan Madu