Pilih Bahan yang Aman

Tips pertama dalam memilih botol susu adalah cari bahan botol susu yang aman. Botol susu biasanya terbuat dari bahan kaca, silikon, plastik, dan stainless steel. Namun, kebanyakan yang dijual adalah botol susu dengan bahan plastik. Nah, bahan plastik mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain karena beratnya yang lebih ringan dari bahan lainnya, botol susu berbahan plastik lebih nyaman dan sesuaijika digunakan untuk bayi. Selain itu, botol susu dari plastik juga lebih murah dan mudah ditemukan daripada bahan lainnya.

Pilih Bahan yang Aman
source: https://www.tokopedia.com/

Kenali Bentuk Botol Susu

Mungkin sekilas semua botol susu nampak sama. Namun ternyata, tinggi dan ukuran botol susu bisa mempengaruhi kenyamanan si kecil, Moms. Jika si kecil berusia setahun ke atas tentu sudah bisa memegang botol susunya sendiri. Bentuk botol dengan diameter terlalu besar bisa membuat si kecil kesulitan memegang botol. Selain itu botol susu dengan diameter kecil dan tinggi juga akan membuat si kecil kurang nyaman.

Kenali Bentuk Botol Susu
source: http://www.bj-km.com/
baca juga

Perhatikan tanda-tanda fisik dan psikis si Kecil

Selain karakteristik botol susu, tapi bagaimana botol susu berpengaruh pada si Kecil juga harus Moms diperhatikan. Apakah si kecil nyaman dengan botol susunya? Adakah efek terhadap kesehatan setelah menggunakan botol susu tersebut? Dan banyak lagi hal yang harus Moms perhatikan. Sebaiknya Moms menghentikan pemakaian atau ganti dengan jenis yang lain jika si kecil terlihat tidak nyaman dengan botol susu tersebut.

Perhatikan tanda-tanda fisik dan psikis si Kecil
source: https://ohayo.co.id/

Anti Kolik

Tahukah, Moms? Ada beberapa botol susu yang secara khusus dirancang untuk anti-kolik. Kolik adalah sebuah kondisi yang membuat bayi terus-terusan menangis tanpa ada penyebabnya. Kolik diperkirakan berasal dari jalur pencernaan, dan gas di jalur pencernaan. Hal ini sangat dibenci oleh bayi, karena ia akan merasa perutnya kembung. Setiap botol susu dirancang berbeda, namun pada dasarnya desain botol memungkinkan udara dilepaskan ke dalam botol, dan bukan ke perut bayi.

Anti Kolik
source: https://kumparan.com/
baca juga

Mudah Dibersihkan

Terakhir, Moms sebaiknya memilih botol susu yang mudah dibersihkan, karena kebersihan botol bayi adalah hal yang paling utama. Ada beberapa bahan dari botol susu yang susah sekali dibersihkan dan hal ini membuat sisa susu menempel dan dapat menyebabkan bakteri sehingga dapat menimbulkan permasalahan kesehatan pada si Kecil.  Nggak mau dong Moms si kecil sakit.

Mudah Dibersihkan
source: http://www.sunlight.co.id/

Nah Moms, itu tadi 5 tips memilih botol susu si kecil. Jadi jangan asal beli ya, Moms. Meski sekilas semua botol susu nampak sama, namun Moms harus benar-benar memperhatikan detailnya demi kenyamanan si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.