Buah srikaya

Srikaya adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya berwarna putih. Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
source: https://doktersehat.com/manfaat-buah-srikaya-untuk-ibu-hamil/amp/

Buah srikaya ini cukup banyak peminatnya, sehingga saat ini banyak dijual di pasaran. Bahkan beberapa orang memiliki pohonnya sendiri. Wajar saja, selain rasanya yang legit buah srikaya ini memiliki banyak nutrisi baik untuk ibu hamil, seperti:

1. Mencegah anemia

Kurang darah (anemia) adalah masalah yang sering dikeluhkan ibu hamil, jika hal itu terjadi Moms bisa menhonsumsi buah srikaya karena di dalamnya kaya akan zat besi, kalori, karbohidrat dan 0.8 gram lemak total.

Selain mencegah anemia, kandungan dari buah srikaya ini juga dapat menambah berat badan Moms dan janin dalam kandungan serta menambah energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
source: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/anemia/penyebab-anemia-pada-ibu-hamil/amp/

2. Mengatasi sembelit

Susah buang air besar atau sembelit juga masalah umum yang terjadi selama masa kehamilan. Hal ini cukup mengganggu ya, Moms? Apalagi jika ibu hamil sampai harus mengejan dengat kuat, hal tersebut bisa menjadi dampak buruk bagi janin.

Konsumsilah srikaya yang tinggi serat untuk masalah sembelit ini Moms. Serat makanan sangat penting untuk menjaga fungsi sistem pencernaan yang baik. Konsumsi satu buah srikaya setiap hari berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan yang lebih baik.

baca juga

3. Meredakan sakit gigi

Ketika ibu hamil sakit gigi, pasti cukup membingungkan karena Moms tidak boleh sembarangan minum obat-obatan kimia pereda sakit gigi. Tak perlu gusar, Moms bisa mengonsumsi srikaya. Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil dalam mengobati sakit gigi ini tak lepas dari kandungan zat di dalamnya yang berfungsi sebagai antibakteri, pun antiinflamasi untuk meredakan peradangan pada gusi.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
source: https://www.alodokter.com/sakit-gigi-saat-hamil-apa-sebabnya

4. Mengatasi mual (morning sickness)

Kehamilan di trimester I memang paling rentan mengalami morning sickness, bahkan ada ulyang sampai muntah-muntah. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas Moms sehari-hari dan juga asupan makanan ke janin. 

Nah, salah satu cara untuk meredakan morning sickness adalah dengan mengonsumsi buah srikaya. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin B6 pada buah srikaya. Menurut sejumlah penelitian, vitamin B6 efektif untuk meredakan mual, salah satu gejala umum dari morning sickness.

5. Meminimalisir risiko kelahiran prematur

Siapa sangka buah srikaya juga dapat meminimalisir kelahiran prematur? Hal ini dikarenakan pada buah srikaya terkandung mineral zinc yang sangat dibutuhkan oelh ibu hamil, yakni mencapai 100 miligram per hari.

Zinc inilah yang kemudian berperan penting dalam menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuh. Volume hemoglobin yang ideal akan menghindari ibu hamil dari mengalami yang namanya proses kelahiran prematur.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
source: https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/11-pemicu-kelahiran-prematur/amp/

6. Detoks alami

Racun yang ada pada tubuh kita yang lebih banyak berasal dari makanan dan polusi udara yang kita hirup memang tak bisa dihindarkan. Namun, jika membiarkan racun yang menumpuk dalam tubuh tentunya berbahaya bagi kondisi Moms dan calon bayi.

Untuk mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh tersebut, Moms bisa mengonsumsi srikaya. Buah ini kaya akan antioksidan yang efektif sebagai detoks alami atau mengeluarkan racun dalam tubuh Moms.

baca juga

7. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin

Janin dalam kandungan membutuhkan banyak vitamin dan zat gizi untuk menunjang pertumbuhannya. Buah srikaya adalah pilihan tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin Moms karena mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Dengan mengonsumsi srikaya secara rutin, tumbuh kembang saraf, otak, dan sistem imun daripada janin dapat berjalan dengan baik.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
source: https://parenting.orami.co.id/magazine/amp/yuk-kenali-tahap-perkembangan-janin-dari-minggu-ke-minggu/

Vitamin A pada buah srikaya diklaim baik untuk kesehatan rambut, mata, dan kulit. Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan mencegah serangan radikal bebas.

Itu dia beberapa manfaat buah seikaya untuk ibu hamil. Namun, jangan hanya mengandalkan buah srikaya saja ya, Moms. Ibu hamil perlu mengimbangi dengan makan makanan bergizi dan juga aktivitas menyehatkan. Happy pregnancy, Moms!