Kuning

Warna kuning pada kuku menandakan penuaan usia, kebiasaan merokok, menggunakan kutek berlebihan, terkena tiroid, diabetes, atau terdapat masalah pada pernapasan. Namun, apabila kuku jari juga tebal dan rapuh bisa disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada kuku. 

Kuning

Pucat

Warna pucat pada kuku menandakan Moms sedang mengalami anemia, kekurangan gizi, gagal jantung, ataupun penyakit hati. Alangkah baiknya apabila warna kuku Moms berubah menjadi pucat melakukan check up ke dokter. 

Pucat
baca juga

Garis Kuku Gelap

Perubahan garis kuku menjadi berwarna gelap merupakan tanda dari melanoma, jenis kanker kulit yang paling mengerikan. Moms harus segera mengonsultasikannya ke dokter, jangan sampai terlambat.

Garis Kuku Gelap

Clubbing Kuku

Clubbing Kuku adalah kondisi kuku di mana jaringan di bawah kuku menebal dan ujung jari membulat dan membengkak. Ujung kuku bertumbuh ke arah dalam mengikuti bentuk ujung jari. Clubbing ini menandakan kurangnya kadar oksigen di dalam darah, penyakit paru-paru, penyakit hati, AIDS, atau bisa juga kanker.

Clubbing Kuku
baca juga

Hitam

Warna kuku yang menghitam menandakan ada darah di kulit di bawahnya. Namun jika warna hitam tersebut bukan berasal dari kulit di bawah kuku, melainkan langsung di permukaan kuku itu sendiri, dan diikuti oleh pertumbuhan kuku yang menyakitkan, ini bisa jadi merupakan tanda dari melanoma, kanker kulit yang paling mematikan.

Hitam

Putih

Warna putih pada kuku menandakan infeksi jamur atau kurangnya asupan darah ke ujung-ujung jari. Biasanya warna putih pada kuku ini disebabkan akibat dari sirosis hati, gagal jantung, hati, atau ginjal, diabetes, anemia tipe defisiensi zat besi, reaksi kemoterapi, hipertiroidisme, atau malnutrisi.

Putih