Tentukan Tipe

Sebelum membeli pompa ASI, sebaiknya Moms tentukan terlebih dahulu pompa ASI tipe apa yang mau dibeli. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada dua jenis pompa ASI yaitu manual dan elektrik dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pompa ASI elektrik dianggap lebih praktis digunakan dibandingkan manual. Namun pompa jenis ini juga dapat menyebabkan puting teriritasi akibat daya isap yang kencang. Sedangkan pompa manual dirasa lebih nyaman namun sedikit lebih repot.

Tentukan Tipe
source: http://lirilir-ambulan.blogspot.com/

Perhatikan Corong

Sebelum membeli pompa ASI, sebaiknya Moms juga memperhatikan corong pompa ASI. Baik pompa ASI manual atau elektrik mempunyai banyak ukuran corong, pastikan Moms menggunakan ukuran corong yang sesuai dengan ukuran payudara Mommies. Hal ini sangat penting karena dapat menunjang kenyamanan saat digunakan sekaligus memastikan ASI tersedot secara maksimal.

Perhatikan Corong
source: https://www.blibli.com/
baca juga

Mesin Pompa ASI

Jika Moms ingin membeli pompa ASI elektrik, hal yang harus diperhatikan sebelum membeli pompa ASI adalah mesinnya. Sebaiknya Moms memilih mesin pompa ASI yang memiliki pengaturan kekuatan hisapan dan bisa disesuaikan dengan kenyamanan Mommies saat memompa ASI. Hal ini bertujuan untuk menghindari puting menjadi kemerahan dan sakit karena daya hisap pompa ASI yang telalu kencang karena tidak dapat diatur.

Mesin Pompa ASI
source: http://sakina.web.id/

Bentuk dan Ukuran

Selanjutnya Moms juga harus memperhatikan bentuk dan ukuran pompa ASI. Ingat ya Moms, pompa ASI memiliki ragam bentuk dan ukuran. Jika Moms seorang ibu bekerja, sebaiknya pilih ukuran pompa ASI yang kecil dan ringan agar mudah dibawa kemana pun.

Bentuk dan Ukuran
source: http://asibayi.com/
baca juga

Suara Mesin

Moms juga harus memperhatikan suasa mesin pompa ASI, ya. Karena Moms bisa saja memompa ASI di tempat kerja atau ditempat umum. Nah, pilih suara mesin pompa ASI yang tidak bising agar Moms tidak terlalu menarik perhatian atau membuat bising ruang kerja.

Suara Mesin
source: https://www.popmama.com/

Harga Pompa ASI

Ini nih Moms yang paling penting, Moms wajib banget memperhatikan harga. Sebaiknya Moms memilih pompa ASI yang disesuaikan dengan budget Mommies, ya. Pilih pompa ASI dengan harga terjangkau, nyaman digunakan dengan kualitas yang baik. Nggak perlu beli yang mahal kok, Moms.

Harga Pompa ASI
source: https://teknojurnal.com/

Nah Moms itu tadi 6 hal ya harus Moms perhartikan sebelum membeli pompa ASI. Ingat Moms, berikan ASI eksklusif hingga 2 tahun untuk tumbuh kembang terbaik si kecil. Happy Breastfeeding, Moms!