Tips & Trik Cerdas Mengatasi Anak yang Suka Jajan Sembarangan

Biasakan Sarapan Untuk Buah Hati
Moms, anak membeli jajan biasanya karena merasa lapar. Nah, maka dari itu biasakan anak sarapan di rumah agar nutrisinya terpenuhi. Selain itu, dengan sarapan bukan hanya membuat anak kenyang dan mencegah anak jajan sembarangan, Namun juga bisa meningkatkan konsentrasinya saat belajar. Pastikan untuk membuat menu sarapan yang bervariasi ya moms agar anak tidak mudah bosan.

Membawa Bekal ke Sekolah
Selain di rumah, sekolah adalah tempat anak banyak menghabiskan waktunya. Oleh karena itu, penting untuk membawakan bekal. Anak bisa menghindari jajan sembarangan di sekolah karena moms sudah menyediakan makanan yang bergizi bagi buah hati.

Dengan membawa bekal ke sekolah, moms juga mengajarkan anak untuk lebih hemat. Ajarkan anak menabung uang sakunya untuk misal dibelikan mainan atau apapun yang disukai.

Tips & Trik Cerdas Mengatasi Anak yang Suka Jajan Sembarangan

Berikan Contoh Untuk Tidak Jajan Sembarangan
Contoh adalah syarat penting untuk mendii anak jadi jika moms ingin anak tidak jajan sembarangan. Sebagai orang tua, sangat perlu untuk memberikan contoh dengan tidak jajan sembarangan juga. Misalnya, cobalah untuk tidak memanggil penjual makanan atau jajanan yang lewat di depan rumah.

Buat Makanan Ringan Sendiri di Rumah
Walau sudah makan kenyang, kadang anak juga masih ingin camilan ya  moms. Dari pada membeli makan, lebih hemat dan sehat kalau moms buat makan ringan sendiri di rumah. Saat membuat makanan ringan, moms juga bisa meminta pendapat anak tentang menu yang diinginkan. Kalau bisa, sesekali moms juga perlu mengajaknya memasak bersama.

baca juga
Tips & Trik Cerdas Mengatasi Anak yang Suka Jajan Sembarangan

Berikan Pengertian Tentang Bahaya dari Jajan Sembarangan
Menurut psikolog anak, Dr. Rosemini A.P., M.Psi, sedikitnya ada 3 hal yang membuat anak suka jajan yaitu karena makananya berwarna menarik, enak di mulut, dan mudah dimakan. Dan sebagian anak tidak memahami bahaya dari makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, penting bagi moms untuk mengenalkan pengetahuan dasar tentang beberapa zat berbahaya yang biasa digunakan pada jajanan dan akibatnya untuk tubuh.

Berikan juga beberapa contoh gambar warna makanan yang bisa jadi mengandung zat berbahaya untuk tubuhnya. Hal ini akan membantu anak lebih selektif dan pandai dalam memilih makanan yang sehat dan bersih baginya. Selain itu batasi uang saku anak, agar tidak jajan sembarangan.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan trik yang bisa moms coba untuk mengatasi hobi jajan anak. Walau begitu dalam praktiknya memang butuh ekstra sabar ya moms, karena hanya dengan ketelatenan orang tua maka anak akan tumbuh lebih disiplin. Semangat ya, moms!