Ciptakan Bonding dengan Berkemah di Alam Terbuka, Ini 5 Manfaatnya Untuk Anak

Lebih Akrab Bersama Keluarga
Sensasi tidur dalam tenda di alam terbuka bisa menjadikan anak lebih dekat dengan keluarga.  Ada banyak hal yang mungkin tidak bisa dilakukan selama di rumah, seperti mengatur tempat tidur di malam hari dan bercengkrama bersama buah hati. Membuat api unggun juga bisa menjadi jembatan menambah kedekatan anak dengan orang tuanya. Di  antara kehangatan api unggun, bisa dijadikan momen saling bertukar cerita.

Melatih Ketahanan Fisik Anak
Anak kecill memang rentan terkena sakit saat di luar ruangan dalam suhu ekstrem atau yang tidak biasa baginya. Tapi menurut Thomas Tallman, seorang dokter ahli mengungkapkan bahwa udara dingin/panas tidak akan membuat anak sakit atau terkena flu.

Justru anak yang sering diajak camping dan jalan-jalan di alam bebas membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal. Jadi, kalau anak sering di ajak camping di luar, ketahanan fisiknya justru semakin baik. Tapi jangan dipaksakan camping di luar ketika kondisi anak sedang kurang baik ya, moms.

Ciptakan Bonding dengan Berkemah di Alam Terbuka, Ini 5 Manfaatnya Untuk Anak

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
Beberapa kegiatan yang dilakukan saat camping seperti memasang tenda, menyalakan api unggun, memasak makanan dan kegiatan lainnya bisa meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri anak. Anak yang diberikan kepercayaan membantu semua kegiatan selama camping bisa menjadi lebih mandiri dan melatih kecakapannya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Menjauhkan Anak dari Gadget
Siapakah yang anaknya sudah mengenal gadget? Pasti sebagian besar dari moms akan mengangguk mengiyakan pertanyaan tadi. Era milenial ini, anak sudah lincah memainkan berbagai aplikasi di smartphone. Sebagai orang tua, pastinya ikut khawatir kalau anak kecanduan gadget. Nah moms, camping bisa menjadi solusi untuk mengalihkan perhatian anak dari handphone.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat camping di alam bebas. Mendirikan tenda, memasak bersama, membuat api unggun, sampai jalan-jalan ke spot-spot keren di sekitar lokasi camping,  bermain sepak bola, petak umpet, lompat tali, dan permainan yang melibatkan fisik lainnya. Hal tersebut bisa membantu anak-anak melupakan gadgetnya dan menciptakan kenangan seru bersama keluarga.

baca juga
Ciptakan Bonding dengan Berkemah di Alam Terbuka, Ini 5 Manfaatnya Untuk Anak

Menghilangkan Stres Anak
Paling penting nih moms, camping bisa menghilangkan stres anak. Tampak luar, aktivitas anak isinya cuma bermain dan bersenang-senang tanpa mengalami stres. Tapi nyatanya moms, dunia anak kadang tidak seindah yang kita bayangkan, lho. Anak-anak juga bisa tertekan bahkan stres menjalani aktivitas rutin mereka, bisa karena masalah di sekolah dengan teman-temannya, banyaknya tugas sekolah dan PR, atau hal lainnya. Dengan mengajak camping di alam terbuka, moms bisa memberikan waktu bagi anak-anak untuk menyegarkan pikiran.

Jadi moms, camping di alam terbuka bersama anak itu banyak banget kan manfaatnya?! Mulai sekarang, jangan ragu lagi buat mengajak anak-anak kita camping di luar ruangan. Sudah punya rencana camping kemana nih minggu ini?