Saat hamil akan terjadi fluktuasi hormon dalam tubuh yang bisa menyebabkan beragam perubahan kondisi kulit. Jumlah hormon mempengaruhi kadar minyak dan kelenturan kulit, sehingga tak jarang saat hamil jenis kulit akan berubah. Sebagian ibu hamil kulitnya jadi lebih berminyak, tapi sebagian lagi kulitnya berubah jadi lebih kering.

Kulit kering yang terjadi selama hamil biasanya akan dibarengi dengan keluhan lain seperti "retak" dan bersisik. Meski kondisi ini tak bisa dihindari, tapi moms bisa meminimalisir kekeringan yang terjadi pada kulit selama hamil dengan tips berikut.

Atasi Kulit Kering Selama Hamil dengan 6 Tips Ini, Moms

Perbanyak Minum Air Putih

Jumlah asupan cairan yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah minimal 2 liter per hari atau sekitar 8 sampai 12 gelas. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu dan janin, rajin meminum air putih selama hamil juga akan memberi dampak positif untuk kelembapan dan kekenyalan kulit.

Perbanyak Minum Air Putih
baca juga

Tambah Asupan Buah dan Sayur

Selain berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi pada ibu dan janin, mengonsumsi buah dan sayur juga akan membuat kondisi kulit moms tetap terjaga selama hamil. Untuk menghindari kulit kering pilih buah yang kaya akan kandungan air, serta konsumsi sayur dan makanan yang kaya akan vitamin E, seperti kacang-kacangan, zaitun, dan alpukat.

Tambah Asupan Buah dan Sayur

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sangat dianjurkan jika kondisi kulit moms sedang kering, karena air hangat mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit terlihat bersisik. Tapi perlu diperhatikan moms, suhu air yang digunakan tidak boleh terlalu panas. Karena jika air terlalu panas justru bisa menyebabkan kulit semakin kering, terasa gatal, hingga terjadi iritasi.

Mandi Air Hangat
baca juga

Pilih Sabun Mandi dengan Bahan yang Ringan dan Ramah di Kulit

Sabun mandi dengan kandungan ringan dan ramah biasanya adalah yang tidak mengandung pewangi dan deodoran. Jika moms kurang suka sabun yang tidak mengandung parfum, pilih sabun yang tidak mengandung SLS, paraben, atau yang terbuat dari bahan-bahan alami yang melembabkan kulit seperti susu atau madu.

Pilih Sabun Mandi dengan Bahan yang Ringan dan Ramah di Kulit

Gunakan Pelembap dan Sunscreen Berbahan Aman

Cara paling mudah untuk melawan kulit kering tentunya dengan rutin menggunakan pelembap. Selain pelembap, penggunaan tabir surya atau sunscreen sebelum keluar ruangan juga penting untuk menjaga kulit dari masalah diskolorasi seperti bercak dan nona hitam. Tapi perlu diingat, pelembap dan sunscreen yang digunakan harus yang tidak mengandung bahan berbahaya untuk ibu hamil ya moms.

Gunakan Pelembap dan Sunscreen Berbahan Aman

Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Untuk pakaian yang dikenakan selama kehamilan, sebaiknya moms menghindari pakaian berbahan sintetis yang tidak dapat menyerap panas, pakaian dengan bahan tersebut dapat memperburuk kondisi kulit kering. Selain jenis bahan pakaian, perhatikan juga detergen yang digunakan untuk mencuci, pastikan untuk memakai detergen yang tidak menimbulkan iritasi.

Perhatikan Pakaian yang Digunakan