Menurunkan Produksi ASI

Bahaya pertama pompa ASI elektrik adalah dapat menyebabkan penurunan jumlah ASI. Hal ini disebabkan oleh mekanisme pompa ASI jelas berbeda dengan cara bayi menyusu melalui payudara secara langsung. Nah, agar pasokan ASI tetap terjaga dengan baik, Moms sebaiknya tetap memberikan ASI secara langsung pada bayi, terutama saat sedang ada di rumah bersama si kecil.

Menurunkan Produksi ASI
source: https://kumparan.com

Kandungan Gizi ASI Menurun

ASI yang disimpan dari proses pemerahan menggunakan pompa ASI elektrik cenderung memiliki gizi yang lebih rendah dibanding jika Moms memberikan ASI secara langsung. Hal ini disebabkan karena proses pembekuan atau pendinginan ASI, proses mencairkan dan memanaskan kembali ASI dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi penting yang terdapat pada ASI.

Kandungan Gizi ASI Menurun
source: https://kumparan.com/
baca juga

Bayi Bingung Puting

Memang sepertinya tidak ada hubungan langsung antara penggunaan pompa ASI elektrik dengan bingung puting. Namun, pemberian susu ASI dari hasil pemerahan pompa ASI elektrik dapat menyebabkan bayi bingung puting. Hal ini karena pemberian ASI menggunakan botol susu dapat membuat bayi merasa bingung. Perbedaan tekstur puting payudara dan puting susu botol dikhawatirkan akan membuat bayi lebih memilih menyusu dari dot dibanding payudara.

Bayi Bingung Puting
source: https://pembahasanbayi.blogspot.com/

Merusak Jarigan Payudara

Bahaya pompa ASI elektrik yang keempat adalah dapat merusak jaringan payudara. Hal ini disebabkan karena pemompaan ASI yang memberikan tekanan terlalu besar pada payudara akan membuat jaringan payudara rusak, terutama pada puting.

Merusak Jarigan Payudara
source: https://doktersehat.com/
baca juga

ASI Beresiko Terkontaminasi

jika Moms tidak membersihkan dan menjaga pompa ASI tetap steril sebelum digunakan untuk memerah ASI, maka perahan ASI yang dihasilkan dikhawatirkan akan terkontaminasi bakteri. Jadi Moms harus memastikan kalau pompa ASI elektrik yang akan Moms gunakan benar-benar steril. Jadi ASIP yang diberikan pada si kecil jelas bebas bakteri.

ASI Beresiko Terkontaminasi
source: https://review.bukalapak.com/

Nah Moms, itu tadi 5 bahaya penggunaan pompa ASI elektrik yang wajib Moms ketahui. Demi kesehatan si kecil dan meningkatnya produksi ASI, sebaiknya Moms lebih sering memberikan ASI secara langsung ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat.