Menyusui

Cara pertama mengatasi payudara bengkak pasca melahirkan adalah dengan menyusui si kecil. Usahakan Moms tidak melewatkan waktu menyusui atau menghabiskan waktu lama di antara waktu menyusui. Terlebih menyusui bayi saat malam hari. Karena ini bisa mengurangi bengkak pada payudara Mommies.

Menyusui
source: https://www.mooimom.id/

Keluarkan ASI

Jika tidak sedang menyusui, sebaiknya Moms mengeluarkan ASI, bisa dengan menggunakan tangan dengan cara memijat payudara atau bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu meringankan payudara. Keluarkan sedikit saja, karena jika Moms mengeluarkan ASI terlalu banyak, maka payudara Mommies akan lebih banyak memproduksi ASI lagi dan mungkin bisa membuat pembengkakan lebih buruk.

Keluarkan ASI
source: http://belajarcara1.blogspot.com/
baca juga

Kompres Payudara

Cara kedua, Moms bisa meletakkan handuk hangat tepat di atas payudara yang bengkak untuk membantu ASI mengalir. Atau Moms juga bisa mandi air hangat. Namun jika pembengkakan payudara benar-benar menyakitkan, sebaiknya Moms menaruh bungkusan dingin di payudara untuk mengompres. Selain mengompres payudara dengan handung hangat, Moms bisa mengompres payudara dengan daun kol dingin. Ini mungkin membantu Moms mengurangi bengkak pada payudara.

Kompres Payudara
source: http://www.cantik.co.id/

Pijat Payudara

Sebelum menyusui bayi, sebaiknya Moms melakukan pemijatan pada payudara terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar ASI keluar dengan lancar, dan pembengkakan pada payudara berkurang.

Pijat Payudara
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri, Moms bisa minum obat pereda nyeri setelah menyusui. Tapi sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya Moms sebelum mengonsumsi obat.

Minum Obat Pereda Nyeri
source: http://wap.mi.baca.co.id/

Gunakan Bra yang Nyaman

Sebaiknya Moms menggunakan bra yang tidak terlalu ketat. Atau sebaiknya Moms menggunakan bra khusus untuk ibu menyusui. Selain lebih elastis, bra menyusui juga memudahkan Moms dalam memberikan susu pada si kecil.

Gunakan Bra yang Nyaman
source: https://review.bukalapak.com/

Nah Moms, itu tadi 6 cara mengatasi payudara bengkak pasca melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat. Happy Breastfeeding, Mommies!