Sakit Pinggang Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Moms

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

Rasa nyeri di sepanjang saraf sciatica, yaitu dari bokong ke bagian bawah belakang paha dan menjalar ke kaki. Serta munculnya rasa seperti tertusuk-tusuk adalah beberapa gejala yang muncul saat sakit pinggang pada ibu hamil. Lalu apa penyebab sakit pingang saat hamil?

Menurut dokter Retno Haikal, sakit pinggang pada ibu hamil disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan relaksi. Akibatnya, otot dan sendi sekitar panggul menjadi lunak padahal saat hamil moms memiliki beban lebih karena kandungan yang berisi bayi atau janin. Dan karena hal tersebut, mengakibatkan peregangan tulang belakang yang menyebabkan sakit pinggang dan nyeri terutama saat hamil menjelang persalinan.

Selain itu, perubahan postur tubuh saat hamil, menyebabkan moms beradaptasi dengan cara menyesuaikan cara duduk, berdiri, dan bergerak. Hal ini juga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada pinggang.

Stres juga bisa memicu sakit punggung. Sebab biasanya stres terakumulasi di daerah yang lemah dalam tubuh, dan karena sedang terjadi perubahan di daerah panggul, maka stres dapat memicu peningkatan rasa nyeri pada punggung.

Sakit Pinggang Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Moms

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Karena sakit pinggang umum dialami ibu hamil, maka hal ini sulit dihindari. Namun bukan harus selalu ke dokter ya moms cukup atasi dengan cara benar. Misalnya lakukan peregangan ringan, olah raga ringan dengan peregangan akan membuat pinggang lebih rileks.

Lalu jangan lakukan aktifitas berat serta jangan mengangkat beban berat karena dapat memberikan tekanan pada pinggang dan memicu rasa nyeri. Selain itu, hindari pakai sepatu hak tinggi, moms bisa memakai sepatu hak rendah saja selain lebih aman, pinggang juga jadi tidak mudah pegal.

Bila nyeri terasa moms bisa gunakan kompres panas dan dingin untuk mengompres area yang sakit. Gunakan es batu yang sudah dilapisi handuk selama 20 menit. Setelah itu, ganti kompres dengan menggunakan air hangat, menghentikan menggunakan kompres jika sudah merasa nyaman.

Penting juga untuk beristirahat yang cukup, lalu hindari tidur terlentang ya moms. Tidurlah dalam posisi miring ke kiri sehingga kandungan tidak menekan pembuluh darah dan juga tulang belakang dari dalam.

Namun jika sakit terasa sampai belakang dimana letaknya di dibawah tulang rusuk disertai demam mual dan muntah, maka segera kunjungi dokter karena bisa jadi itu infeksi ginjal. Sebab bila tidak ditangani intensif bisa berbahaya

Sudah diketahui bersama jika sakit pinggang saat hamil merupakan kondisi yang wajar terjadi ya moms, jadi jangan terlalu resah jika sakit pinggang sering muncul. Bolehlah mencoba beberapa tips di atas agar tubuh menjadi semakin nyaman dan moms bebas untuk beraktifitas. Selamat mencoba.