Saat memiliki bayi waktu akan terasa begitu cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin moms menimang si kecil yang baru lahir, tapi ternyata kini si bayi sudah berusia 6 bulan dan mulai menunjukkan beragam perkembangan yang menakjubkan. Nah bagi moms yang bayinya belum atau akan segera memasuki usia 6 bulan, begini perkembangan yang akan diperlihatkan oleh bayi.

Berguling

Di usianya yang menuju setengah tahun ini, bayi akan mulai bisa untuk berguling dari posisi telentang ke posisi tengkurap. Beberapa bayi bisa dengan cepat belajar dari posisi tengkurap kembali ke posisi telentang dengan sendirinya, tapi beberapa lainnya membutuhkan bantuan dan stimulasi untuk bisa kembali ke posisi telentang.

Dalam fase ini moms bisa melatih bayi agar semakin pandai berguling dengan memberikan reaksi senang saat melihatnya atau memberi mainan saat bayi tengkurap untuk merangsangnya kembali telentang. 

Berguling
baca juga

Melihat Gerakan

Memasuki usia enam bulan, penglihatan binokular bayi sudah berkembang dengan sempurna. Maksudnya di usia ini mata kanan dan kiri bayi sudah berfungsi dengan baik, ia dapat melihat segala bentuk dengan benar. Bayi juga akan mulai mengenali orang-orang terdekatnya dan mulai menunjukkan ketakutan saat melihat orang asing.

Untuk melatih agar reflek penglihatan bayi semakin baik, moms bisa melakukan permainan gerakan agar matanya bisa mengikuti kemana arah benda yang dilihatnya bergerak. Bayi sangat menyukai benda-benda dengan warna cerah dan melihat ekspresi orang tuanya. Jadi selalu sempatkan waktu untuk bermain ya moms.

Melihat Gerakan

Meraih Benda

Selain mulai bisa mengikuti arah gerak benda yang disukainya, bayi 6 bulan juga mulai belajar meraih dengan kedua tangannya. Ia akan selalu ingin meraih apa yang dia lihat. Moms bisa melatih motorik dan sensorinya dengan memberi mainan yang memiliki beragam tekstur seperti lembut, berbulu, empuk, atau sedikit kasar. 

Meraih Benda
baca juga

Belajar Duduk

Pada usia ini otot punggung bayi akan semakin kuat sehingga ia mulai bisa duduk tegak. Jika pada bulan-bulan sebelumnya si kecil masih sering ambruk atau terguling ketika duduk, maka memasuki usia enam bulan ia akan mulai belajar melepaskan satu persatu tangan yang sebelumnya digunakan sebagai penyangga. Meskipun begitu tetap awasi si kecil sewaktu dalam keadaan duduk ya moms, karena akan berbahaya jika ia terantuk atau jatuh saat ambruk dari posisi duduk.

Belajar Duduk

Senang Mengoceh

Jika sebelum memasuki usia 6 bulan bayi sudah mulai bergumam dan berteriak dengan satu suku kata, maka di usia ini bayi akan mulai mengoceh. Mereka akan mengucapkan suara yang dibentuk dari bibir seperti 'ba', 'ma', atau 'pa'. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa bayi ini, moms bisa berpura-pura memahami bahasanya dengan cara memberikan respon seperti mengangguk atau menimpali ucapannya dengan memberitahukan nama-nama orang atau benda di sekitarnya.

Senang Mengoceh