Secara umum, makna riasan paes pada pengantin Jawa adalah symbol kedewasaan dan keanggunan wanita Jawa. Tapi Moms, tiap-tiap lekukan indah berwarna hitam di dahi pengantin Jawa ini ternyata punya nama dan maknanya masing-masing lho! Apa aja sih? Kepoin di sini, yuk, Moms!

1. Gajahan
Gajahan adalah lekukan paling besar tepat di tengah dahi pengantin wanita yang memiliki filosofi kebesaran atau keagungan. Makna riasan paes gajahan dimaksudkan agar pengantin wanita mendapatkan kehormatan, kebesaran dan kemuliaan setelah menikah.

2. Pengapit
Pengapit adalah lekukan berbentuk meruncing yang terletak di sisi kanan dan kiri gajahan. Makna riasan paes ini adalah sebagai pengawal gajahan yang dimaksudkan agar dalam usaha mencapai kemuliaan dan kebesaran dalam pernikahan berjalan lancar serta terhindar dari godaan dan halangan yang datang dari kanan dan kiri.

Penuh Filosofi, Ini Nama dan Makna Riasan Paes Pada Pengantin Jawa

3. Penitis
Penitis adalah riasan paes berbentuk lekukan yang lebih kecil dan terletak di sisi kanan dan kiri luar pengapit. Makna dari riasan paes ini adalah sebagai pengingat agar di dalam melaksanakan rumah tangga perempuan sebagai ibu rumah tangga senantiasa dapat bersikap teliti, efektif dan berhati-hati dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil.

4. Godheg
Makna riasan paes yang terletak di depan telinga berbentuk menyerupai cambang ini adalah harapan agar sepasang pengantin senantiasa bersikap bijaksana dan berhati-hati, juga selalu mengedepankan introspeksi diri dalam tiap langkah.

Nah, itu dia Moms makna riasan paes pada pengantin Jawa. Sungguh mendalam dan penuh filosofi yang agung ya, Moms. Kekayaan budaya nusantara ini perlu banget dilestarikan karena kandungan-kandungan nilai luhurnya yang selalu relevan dengan jaman.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah kecintaan kita pada kebudayaan asli Indonesia ya, Moms!