Ciri Anak Kurang Gizi


Sebelum Moms mengetahui tips mengatasi kurang gizi pada anak, kamu perlu memahami detail ciri anak kurang gizi. Berikut ini adalah tanda-tandanya:

  • Kurus

Waspadai kondisi anak yang kekurangan berat badan bahkan terlihat benar-benar kurus. Pantau terus kenaikan berat badan anak tiap bulannya. Jika pada periode 3 bulan berturut-turut anak tidak mengalami kenaikan atau bahkan turun, kamu perlu segera membawanya ke dokter anak untuk diperiksa.

  • Tidak Bertenaga

Anak kurang gizi biasanya memiliki karakter yang kurang aktif. Mereka cenderung pendiam, mudah mengantuk, lesu, dan lemah. Perhatikan tingkat keaktifan anak untuk segera mengidentifikasi kondisi kekurangan gizi pada anak.

  • Kulit Kering

Tubuhnya yang kurus membuat kulit lebih mudah keriput dan mengering. Biasanya ini merupakan ciri anak kekurangan asupan vitamin dan mineral.
 

Ciri Anak Kurang Gizi
source: http://doktersehat.com/


 

Tips Mengatasi Anak Kurang Gizi


Selain tanda-tanda diatas, kamu juga akan mudah mendapati anak kurang gizi rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, penting bagi Moms untuk terus memantau kondisi gizi anak agar tetap sehat. 

 

Tips Mengatasi Anak Kurang Gizi
source: http://www.telegraph.co.uk/


 

baca juga


Penuhi Kebutuhan ASI Eksklusif Anak

Setiap anak memiliki kemungkinan untuk kekurangan gizi. Hal ini sebabkan karena kurangnya asupan ASI eksklusif pada anak semasa bayi. Padahal, ASI adalah makanan pertama bayi yang harus diberikan secara eksklusif minimal pada 6 bulan pertamanya. Sebisa mungkin kamu memberikan ASI eksklusif ya, Moms. Jika kamu kesulitan memprodukasi ASI dan khawatir dengan anak, segaralah konsultasikan dengan dokter untuk mencari solusi terbaik. 
 

Tips Mengatasi Anak Kurang Gizi
source: http://milkgenomics.org/


 


Cukupi Asupan Kalori

Jika periode pemberian ASI sudah lewat, Moms dapat memperbaiki kondisi gizi anak dengan memberikan asupan kalori melalui makanan yang mengandung gula, lemak ataupun karbohidrat. Lengkapi juga asupan vitamin dan mineral pada makanan si kecil. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan menu makanan sehat si kecil setiap harinya.

 

Tips Mengatasi Anak Kurang Gizi
source: https://www.pinterest.com/


 

baca juga


Perbanyak Asupan Buah Dan Sayur

Buah dan sayur memiliki peran yang sangat penting dalam memperlancar sistem pencernaan si kecil. Kandungan serat, vitamin, dan mineral, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh hingga memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, perbanyak asupan buah dan sayur, ya. Kamu dapat memaksimalkan dengan memberikan 1 porsi buah per harinya.

 

Tips Mengatasi Anak Kurang Gizi
source: http://healthbeginswithmom.com