Selain memiliki rasa yang manis dan enak, madu dikonsumsi karena dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Madu pun digunakan sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes. Beberapa khasiat madu untuk kesehatan antara lain melegakkan tenggorokan sekaligus mengatasi batuk, menurunkan jumlah kolesterol jahat, mengatasi masalah pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, menjaga sistem imun tubuh, serta mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Namun, madu juga bisa berdampak buruk pada kesehatan jika madu yang dikonsumsi adalah madu oplosan atau palsu. Dibawah ini adalah cara membedakan atau menguji antara madu alami dengan madu oplosan.

Mencampur dengan Air

Air menjadi media yang efektif dan mudah untuk menguji apakah madu yang moms beli palsu atau oplosan. Moms cukup tuang satu sendok madu ke dalam satu gelas air. Setelah itu, lihat reaksinya. Jika madu larut bersama air, berarti madu tidak asli atau oplosan. Sedangkan jika madu tidak larut dengan air atau masih berbentuk gumpalan, serta jatuh ke dasar air, menandakan madu tersebut asli.

Mencampur dengan Air
baca juga

Menggunakan Kertas

Cara selanjutnya dengan menggunakan kertas. Tuanglah madu di atas kertas kosong. Kertas yang menyerap madu dan kertas mudah dirobek setelah madu dituangkan, tandanya madu tidak murni atau sudah dicampur. Sebaliknya jika kertas yang dituangkan madu tidak mudah robek, berarti madu alami.

Menggunakan Kertas

Korek Api Kayu

Lumurilah madu pada ujung korek api kayu. Kemudian nyalakan atau gesekkan ujung korek api kayu tersebut. Jika api tidak menyala, madu yang digunakan adalah madu oplosan. Sementara madu asli, korek yang sudah dilumuri madu akan tetap menyala. Api pun akan mati jika dimasukkan ke dalam wadah yang berisi madu oplosan. Api akan tetap menyala ketika dimasukkan ke dalam wadah yang berisi madu asli.  

Korek Api Kayu
baca juga

Merebus Madu

Tuangkan madu di atas satu sendok. Kemudian panaskan atau rebus di atas lilin. Madu asli yang ada di atas sendok akan mengeluarkan busa banyak ketika direbus. Sedangkan madu oplosan akan mengeluarkan busa sedikit.

Merebus Madu

Membekukan Madu

Cara lain menguji keaslian madu yakni dengan cara membekukkan. Moms cukup masukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tidak kunjung membeku meski sudah dimasukkan ke dalam freezer dalam waktu yang sangat lama, maka madu adalah madu murni. Sebaliknya, madu akan cepat membeku di dalam freezer, menandakan madu palsu.

Membekukan Madu