Sistem pencernaan memberikan pengaruh bagi kesehatan tubuh. Sistem pencernaan yang tidak lancar bisa menyebabkan beberapa penyakit serius seperti infeksi pada usus besar, sembelit, diare, mual, menstruasi tidak teratur, hingga memicu tumor. Dampak lainnya pada kulit yakni mudah timbulnya jerawat hingga mengalami radang pada kulit.

Memakan makanan yang tinggi serat akan membantu mengatasi masalah pencernaan yang tidak lancar. Selain itu, perlu melakukan hal yang bisa mengurangi stress dan menjaga tubuh agar tidak kelelahan. Menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar sangat penting, karena ada banyak dampak baik yang didapatkan dari sistem pencernaan yang lancar:

Berat Badan Turun

Jika moms sedang berdiet, pastikan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat demi pencernaan yang lancar. Hal tersebut dikarenakan pencernaan yang lancar dapat memudahkan seseorang menurunkan berat badan dengan kotoran di dalam tubuh yang mudah terbuang. Selain makanan berserat, pastikan minum banyak air, moms.

Berat Badan Turun
baca juga

Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Sistem Imun Meningkat

Dampak baik lainnya dari sistem pencernaan yang lancar, tubuh tidak rentan terkena penyakit sekaligus sistem imun tetap terjaga. Diketahui bahwa sistem pencernaan mengandung 80% sistem kekebalan tubuh. Jadi jika sistem pencernaan dalam kondisi yang baik, sistem kekebalan tubuh juga tetap baik dan meningkat.

Tidak Mudah Terserang Penyakit dan Sistem Imun Meningkat

Nutrisi Mudah Dicerna Oleh Tubuh

Saat sistem pencernaan terganggu, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi akan sulit dicerna. Sebaliknya jika sistem pencernaan lancar, nutrisi pada setiap makanan yang dimakan akan mudah diserap dan memberikan efek positif bagi tubuh.

Nutrisi Mudah Dicerna Oleh Tubuh
baca juga

Mengendalikan Mood

Di dalam tubuh terdapat saluran pencernaan atau saluran gastrointestinal yang berfungsi mencerna, memecah, dan menyerap makanan ke dalam darah melalui lapisannya. Saluran gastrointestinal ini memproduksi serotonin yang berperan mengendalikan mood atau depresi. Sehingga, jika saluran pencernaan lancar, akan berpengaruh pada fungsi otak yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Mengendalikan Mood

Mengeluarkan Racun

Pencernaan lancar dapat memberikan manfaat yakni mengeluarkan atau menghapus racun di dalam tubuh. Ketika racun sudah hilang tubuh, usus menjadi bersih, jerawat berkurang, stamina tubuh terjaga dan nafsu makan mudah terkontrol.

Mengeluarkan Racun